Puting Beliung Landa 5 Kecamatan di Probolinggo, Puluhan Pohon Tumbang dan 47 Rumah Rusak

Hana Purwadi ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 12:04 WIB
Puting Beliung Landa 5 Kecamatan di Probolinggo, Puluhan Pohon Tumbang dan 47 Rumah Rusak
Puting beliung di Probolinggo, Jumat (3/1/2020) sore menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Hujan deras diserta puting beliung menerjang lima kecamatan di Probolinggo, Jatim, Jumat (3/1/2020). Akibat kejadian itu puluhan pohon tumbang dan sekitar 47 rumah rusak.

Dampak kerusakan itu dirasakan di Kecamatan Krejengan, Kraksaan, Tongas, Pajarakan, dan Paiton. Kerusakan cukup parah terlihat di Desa Dawuhan, Kecamatan Krejengan.

Menurut pantauan di lokasi pada Sabtu (4/1/2020) pagi, dua rumah rusak di desa itu rusak akibat tertimpa pohon. Pohon tumbang merusak bagian atap rumah. Sehingga pecahan genteng berserakan di dalam rumah.

BACA JUGA: Puting Beliung 964 Kali Terjang Indonesia dari Januari-Oktober 2019, 16 Orang Tewas

Menurut penghuni rumah, puting beliung pada Jumat sore diawali dengan datangnya hujan deras. “Hujan itu mulai jam 15.00 WIB, lalu angin kencang datang dari utara. Pohon tumbang sekitar pukul 18.00 WIB menimpa rumah,” ujar penghuni rumah bernama Supriatin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Seluruh penghuni rumah segera menyelamatkan diri saat peristiwa terjadi.

BACA JUGA: Tebing 10 Meter Longsor, Akses ke Objek Wisata Dieng Terputus

Pada Sabtu pagi warga terlihat kerja bakti menyingkirkan pohon tumbang dari atap rumah. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih terus mendata total kerusakan akibat kejadian tersebut. Pihak BPBD juga mengungkap terjangan puting beliung Jumat sore tak menimbulkan korban jiwa.

Warga Probolinggo diharap meningkatkan kewaspadaan jika melihat tanda-tanda hujan lebat dan angin kencang datang. Cuaca ekstrem diperkirakan masih melanda wilayah ini hingga beberapa hari ke depan.


Editor : Rizal Bomantama