51 Peserta UTBK di Surabaya Reaktif Covid-19, 13 Masih Isolasi

Hari Tambayong ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 10:47 WIB
51 Peserta UTBK di Surabaya Reaktif Covid-19, 13 Masih Isolasi
Ilustrasi SBMPTN (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 51 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kota Surabaya, reaktif Covid-19. Dari jumlah itu 38 di antaranya negatif berdasarkan tes swab. Sedangkan 13 sisanya menjalani isolasi, menunggu hasil tes swab keluar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, para peserta UTBK yang reaktif rapid test dan dinyatakan negatif berdasarkan tes swab, bisa mengikuti kembali UTBK pada gelombang ke-2.

“Jumlah peserta UTBK gelombang pertama yang melakukan rapid test ada 1.113 orang. Dari jumlah itu, 51 di antaranya reaktif dan langsung kita tes swab. Masih ada 13 yang hasilnya belum keluar,” katanya.

Febri mengatakan, ke-13 perserta tersebut kini sudah menjalani isolasi di sebuah hotel. “Nanti begitu hasilnya keluar akan kami sampaikan. Kalau negatif, nanti akan ada ujian tersendiri pada tanggal 20 Juli. Mereka akan ikut di situ,” katanya.

Diketahui, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mewajibkan rapid test bagi peserta UTBK-SBMPTN. Dalam SE tersebut, calon mahasiswa harus melampirkan hasil nonreaktif rapid test atau swab test negatif.

Syarat ini sempat dikeluhkan para peserta UTBK dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Selain karena memberatkan, rapid test juga dianggap mengganggu persiapan ujian, karena waktunya mepet.


Editor : Ihya Ulumuddin