5 Bulan Belum Digaji, Ribuan Perangkat Desa di Jember Terpaksa Utang Bank

Antara ยท Senin, 03 Mei 2021 - 22:23:00 WIB
5 Bulan Belum Digaji, Ribuan Perangkat Desa di Jember Terpaksa Utang Bank
Ribuan perangkat desa di Jember saat audiensi dengan Komisi A DPRD terkait belum dibayarnya gaji selama lima bulan, Senin (3/5/2021). (Foto: Antara)

Tidak terbayarnya penghasilan tetap perangkat desa juga merembet pada permasalahan pembayaran BPJS Kesehatan, sehingga tidak terbayar selama lima bulan dan kartu JKN-KIS tidak bisa digunakan ketika perangkat desa mengalami sakit.

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni mengatakan, Dewan akan berkomunikasi dengan Pemprov Jawa Timur terkait persoalan yang terjadi dengan ribuan perangkat desa.

"Perda APBD Jember sudah hampir satu bulan diserahkan ke Gubernur Jatim untuk difasilitasi, namun hingga awal Mei belum dieksekusi oleh Pemkab Jember," ucap politisi PDI Perjuangan itu.

Dia mengatakan, Komisi A berusaha maksimal untuk membantu pencairan penghasilan tetap ribuan perangkat desa dengan tetap mematuhi regulasi yang sudah ada.

"Mudah-mudahan nantinya ada solusi dan penghasilan tetap para perangkat desa bisa dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah," ujarnya.

Editor : Kastolani Marzuki