4 ASN Pemkab Blitar Positif Covid-19, Bupati Rijanto: Minggu Lalu Sudah Tes dan Saya Negatif

Solichan Arif ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:44 WIB
4 ASN Pemkab Blitar Positif Covid-19, Bupati Rijanto: Minggu Lalu Sudah Tes dan Saya Negatif
Bupati Blitar, Rijanto saat melaunching Pondok Pesantren Tangguh beberapa waktu lalu di Kecamatan Wonodadi. (Foto: SINDOnews/Solichan Arif)

BLITAR, iNews.id - Bupati Blitar, Jawa Timur (Jatim) Rijanto membenarkan ada empat orang aparatur sipil negara (ASN) di bagian Protokol dan Komunikasi (dulu Humas dan Protokol) pemkab terkonfirmasi positif Covid-19. Meski demikian, dia mengaku dirinya negatif Covid-19.

"Iya benar ASN (positif Covid-19), "ujar Rijanto, Rabu (5/8/2020).

Informasi yang dihimpun, sebagian besar dari empat orang ASN positif tersebut berstatus sebagai staf. Mereka diduga tertular Covid-19 setelah berkontak erat dengan pasien positif yang ada di lingkungan Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar.

"Informasinya, berkontak erat dengan yang di BNN. Ada salah satu tetangganya,"kata Rijanto.

Kondisi keempat ASN tersebut positif tersebut kondisinya sehat. Sebelum hasil tes swab keluar, mereka tetap bekerja seperti biasa. Mereka dikategorikan Orang Tanpa Gejalan (OTG).

"Semuanya sudah menjalani isolasi," kata Rijanto.

Dengan adanya empat kasus positif Covid-19 baru tersebut, Rijanto langsung memerintahkan Gugus Tugas mengambil tindakan pencegahan. Tes cepat massal dilakukan pada Selasa (4/8/2020) malam.

Selain tes cepat, mereka yang telah berkontak erat juga diminta menjalani tes usap massal. Rencananya, tes swab berlangsung mulai Rabu (5/8/2020).


Editor : Umaya Khusniah