2 Pemuda Penyebar Video Viral Pengidap Gangguan Jiwa di Sampang Ditangkap

Tikno Arie ยท Senin, 17 Februari 2020 - 20:30 WIB
2 Pemuda Penyebar Video Viral Pengidap Gangguan Jiwa di Sampang Ditangkap
Dua pemuda di Sampang, Jatim ditangkap polisi lantaran menyebar video ODGJ di Medsos. (Foto: iNews/Tiknoe Arie)

SAMPANG, iNews.id – Dua laki-laki karyawan konter handphone di Sampang, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi karena membuat dan menyebarkan video bugil dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ke media sosial. Video yang akhirnya viral ini dinilai meresahkan masyarakat Sampang.

Jamal asal Desa Gunung Maddah dan Fawaid asal Desa Karang Penang diamankan Satreskrim Polres Sampang di konter tempat keduanya bekerja. Mereka ditangkap kurang dari 24 jam sejak video tersebut viral.

Usai diinterogasi di konter handphone, keduanya lantas digelandang ke Mapolres Sampang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Sampang, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro mengatakan tindakan kedua tersangka sangat tidak pantas dan menyalahi pasal 45 ayat 1 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. Kedua tersangka terancam pidana maksimal enam tahun kurungan penjara dan denda Rp1 miliar.

“Pelaku dalam video tersebut menarik rok ODGJ atas perintah seseorang di belakang kamera,” katanya, saat ekspos kasus di Mapolres Sampang, Senin (17/2/2020).

Selain pelaku, polisi mengamankan dua handphone yang digunakan saat mengambil video dan yang memviralkan ke medsos dan juga baju korban.

Sebelumnya, sebuah video viral berisi pelaku yang menarik rok ODGJ hingga alat vitalnya terlihat. Pelaku melakukan perbuatan tersebut atas perintah pelaku lain yang berada di belakang kamera.

Usai melakukan tindakan tidak terpuji tersebut, kedua pelaku tertawa puas. Mereka lalu menyebarkan video tersebut ke media sosial.


Editor : Umaya Khusniah