Pemuda dengan Gangguan Jiwa Mengamuk di Jember, Warga Ikat Tangan dan Kaki Pelaku

Bambang Sugiarto ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 12:44 WIB
Pemuda dengan Gangguan Jiwa Mengamuk di Jember, Warga Ikat Tangan dan Kaki Pelaku
Pemuda dengan gangguan jiwa mengamuk di Jember lalu dievakuasi ke Liposos. (Foto; iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id - Seorang pemuda mengamuk serta memukul setiap orang yang lewat di jalan raya dengan bambu. Tak hanya itu, pelaku juga melempari toko dan rumah warga dengan batu. Tak ingin ada korban, warga bersama-sama mengeroyok pemuda itu lantas mengikat tangan dan kakinya.

Pemuda yang mengaku bernama Haris Jasmianto ini mengamuk tanpa sebab yang jelas di Jalan Raya Desa Jatiroto Utara, Kecamatan Sumberbaru, Jember, Jawa Timur (Jatim). Beruntung korban pemukulan memakai helm sehingga tidak mengalami luka parah.

Setelah diikat, pemuda itu diserahkan kepada Polisi Sektor Sumberbaru dengan dinaikkan dalam truk bagian belakang. Sesampai di kantor polisi, petugas dari kesehatan memeriksa kondisi kejiwaan pemuda itu.

BACA JUGA: Dituduh Culik Anak dan Dihajar Warga, Pria Ini Ternyata Gendong Kucing

Dari pemeriksaan yang dilakukan, ternyata pemuda tersebut menderita gangguan kejiwaan. Namun pelaku tahu nama dan alamat rumahnya yakni di Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Oleh tim kesehatan dari Puskesmas Sumberbaru, pelaku dicek tekanan darah dan disuntik cairan penenang. Pelaku selanjutnya dirujuk ke Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) Jember. Jika tidak ada aral melintang, dengan meminta izin keluarga, pelaku akan dirujuk ke RSJ di Lawang Malang.

“Tadi setelah konsultasi dengan dokter, pelaku diberi suntikan obat penenang dan akan berkoordinasi dengan dinas terkait apakah akan dibawa ke Liposos atau ke RSJ Lawang di Malang,” kata Tim Kesehatan Sumberbaru, Nining.


Editor : Umaya Khusniah