2 Kuburan China di Bojonegoro Dibongkar Pencuri, Diduga Ambil Harta Karun 

Dedi Mahdi · Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:38:00 WIB
2 Kuburan China di Bojonegoro Dibongkar Pencuri, Diduga Ambil Harta Karun 
Tangkapan layar bekas galian di makam china yang dibongkar orang tak dikenal, Minggu (17/10/2021). (Foto: iNews.id/Dedi Mahdi).

BOJONEGORO, iNews.id - Dua kuburan China berusia puluhan tahun di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitudu, Kabupaten Bojonegoro dibongkar orang tak dikenal. Pelaku diduga sengaja membongkar makam untuk mengambil barang berharga yang ada di dalam makam. 

Lokasi makam yang dibongkar tersebut berada di area pesawahan yang jauh dari jalan umum atau permukiman warga dan jarang dilewati orang. Karena itu aksi pencuri ini tidak diketahui orang. 

Di lokasi kuburan (bong cina) tersebut, setidaknya ada lebih dari 20 makam warga keurunan Tionghoa. Menurut warga setempat makam tersebut telah ada lebih dari 50 tahun lalu. 

Salah satu makam yang digali merupakan makam perempuan bernama Tan Sam Liak (Go Giang Nio) yang meninggal pada 8 Agustus 1969 di usia 85 tahun. Sementara satu makam lainnya tidak diketahui identitasnya karena pada batu nisan tidak tertulis identitasnya. 

Salah satu petani, yang memiliki sawah tak jauh dari makam, Rasmadi mengatakan, dirinya mengetahui kedua makam tersebut telah dibongar pada Jumat (16/10/2021) pagi saat hendak ke sawah. "Tidak tau siapa yang menggali. Pas saya lihat sudah bekas bongkaran," katanya, Minggu (17/10/2021). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: