1 Balon Kepala Daerah Sidoarjo Positif Covid-19, Pemeriksaan Kesehatan Ditunda

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:01 WIB
1 Balon Kepala Daerah Sidoarjo Positif Covid-19, Pemeriksaan Kesehatan Ditunda
Ilustrasi Pilkada serentak 2020.(Foto: Antara)

SIDOARJO, iNews.id – Satu bakal calon (balon) kepala daerah Kabupaten Sidoarjo positif Covid-19. Fakta ini diketahui bedasarkan hasil tes swab di RSUD Dr Soetomo, Selasa (8/9/2020) dini hari tadi. Saat ini, yang bersangkutan tengah menjalani isolasi mandiri.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo M Iskak membenarkan kabar tersebut. Pihaknya juga sudah menggelar pleno untuk menyikapi fakta tersebut. “Hasil tes swab kami terima dini hari tadi. Ada salah satu balon yang positif Covid-19,” katanya, Selasa (8/9/2020).

Namun, atas alasan undang-undang, M Iskak menolak mengungkap identitas bapaslon tersebut. Meski begitu dia tetap menyampaikan informasi kepada publik atas hasil tersebut. “Jadi mohon maaf, kami tidak bisa membuka identisnya,” katanya.

Iskak mengatakan, pagi tadi pihaknya juga sudah menghubungi bacalon tersebut untuk melakukan tindakan pencegahan. Beberapa di antaranya meminta yang bersangkutan isolasi selama 10-11 hari ke depan.

“Setelah itu akan kami tes swab lagi. Kalau hasil menjadi negatif, baru pemeriksaan kesehatan kami bisa lanjutkan,” katanya.

Iskak mengatakan, sesuai agenda, seluruh bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah, hari ini masih harus menjalani tes kesehatan. Namun, untuk yang terkonfirmasi positif harus ditunda terlebih dahulu.

“Kepada tim dan calon yang bersangkutan kami arahkan agar tidak melakukan pemeriksaan kesehatan dahulu, karena masih isolasi,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin