Urutan gunung tertingi di Pulau Jawa menarik untuk diketahui, terutama bagi para petualang dan pencinta alam. (Foto: Dok. PVMBG).
Tri Erysandi

MALANG, iNews.id - Urutan gunung tertingi di Pulau Jawa menarik untuk diketahui. Ada Gunung Semeru dan sejumlah gunung lainnya dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. 

Pulau Jawa juga merupakan pulau dengan banyak gunung dan memiliki Seven Summit atau tujuh puncak tertinggi. Mana saja gunung tersebut bisa disimak dalam uraian ini.

Berikut gunung tertinggi di Pulau Jawa:

1. Gunung Semeru

Gunung dengan memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan masuk dalam Seven Summit Indonesia atau tujuh puncak tertinggi.

Gunung Semeru menjadi salah satu favorit para pendaki dan semakin ramai setelah kemunculan film berjudul 5 cm. Semeru termasuk gunung berapi aktif dan pada 4 Desember 2021 sempat meletus besar sehingga memutus jembatan Gladak Perak yang merupakan jembatan penghubung Kabupaten Malang dan Lumajang. 

2. Gunung Slamet

Gunung ini meliputi lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu, Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang dan Brebes. Gunung ini memiliki tinggi mencapai 3.428 mdpl.

Para pendaki diimbau berhati-hati karena jalurnya didominasi oleh batu dan pasir. Salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memiliki beberapa jalur pendakian dengan ciri khas dan kesulitannya masing-masing. 

Salah satunya, Jalur Bambangan terletak di desa Kutabawa di Kecamatan Karangreja, Purbalingga merupakan jalur pendakian standar atau memiliki tingkat kesulitan medan yang tidak begitu sulit.

Jalur Baturaden terletak di Desa Gambuhan Jurangmangu dan Gunung Sari di Kabupaten Pemalang merupakan jalur populer di antara jalur pendakian lainnya. Jalur Dipajaya terletak di Kabupaten Pemalang yang baru diresmikan 2013. 

Jalur pemandian air panas Guci terletak di Kabupaten Tegal, merupakan jalur yang memiliki medan terjal, namun memiliki pemandangan indah dari kawasan guci.

3. Gunung Sumbing

Memiliki ketinggian 3.372mdpl berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini berada di urutan ketiga gunung tertinggi di Pulau Jawa dan urutan kedelapan gunung tertinggi di Indonesia, setelah Gunung Slamet. 

Gunung Sumbing termasuk gunung api aktif, letusan terakhirnya terjadi pada 1730. Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga digunakan sebagai jalur pendakian yang bisa dilalui lima jalur. 

Jalur tersebut di antaranya, Garung, Capiut, Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

4. Gunung Arjuno

Memiliki ketinggian 3.339 mdpl. Puncak Gunung Arjuno terkenal sebagai puncak Ogal Agil. Gunung Arjuno berada di tiga daerah, yaitu kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Terdapat empat jalur pendakian Gunung Arjuno yaitu Tretes, Sumber Brantas, Tambaksari, dan Lawang. Wilayah gunung ini berada di Taman Hutan Raya Raden Soerjo. 

Gunung Arjuno juga berada di dekat Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan II. Terakhir kali meletus pada 1952. Gunung Arjuno sempat aktif hingga terjadi 18 kali gempa di kedalaman satu kilometer.

5. Gunung Raung

Memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur. Gunung Raung termasuk gunung berapi aktif. 

Selama 20 tahun, gunung ini terhitung meletus rata-rata setiap 2,8 tahun sekali. Puncak Gunung Arjuno, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati. 

Puncak yang terakhir ini merupakan yang tertinggi, mencapai 3.344 mdpl. Adanya Puncak Sejati juga menyebabkan Gunung Raung menjadi yang tertinggi dalam gugusan Pegunungan Ijen.

6. Gunung Lawu

Memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Ngawi dan Magetan.

Mengutip laman Indonesia.go.id, terdapat lima objek wisata yang bisa dikunjungi sekitar Gunung Lawu, yaitu Candi Cetho, kompleks pemakaman pendiri Keraton Mangkunegaran, Cemoro Sewu, Grojogan Sewu dan Telaga Sarangan.

7. Gunung Welirang

Merupakan gunung berapi aktif dan memiliki ketinggian 3.156 mdpl. Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Letak Gunung Welirang masih satu kompleks dengan Gunung Arjuna. 

Letaknya yang berdampingan, sehingga para pendaki sering mendaki di dua gunung itu dalam satu kesempatan.

8. Gunung Sindoro

Berlokasi tidak jauh dari Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro menjadi gunung favorit para pendaki. Selain itu penduduk juga menanam sayur dan teh di dekat gunung. 

Wisatawan bisa menikmati deretan pohon pinus dan perkebunan teh. Gunung Sindoro terletak di Temanggung, Jawa Tengah dan merupakan gunung api aktif. 

Gunung Sindoro terakhir kali meletus pada 2011-2012 dengan letusan asap solfatara dari kawahnya. Puncak Gunung Sindoro terdapat kawah Jolotundo, yakni kawah aktif yang mengandung belerang.

9. Gunung Merbabu

Berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pada 2004. Memiliki ketinggian 3.145 mdpl, Gunung Merbabu berada di Kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Walaupun memiliki medan yang tidak terlalu berat, para pendaki tetap harus berhati-hati dengan tantangan di Gunung Merbabu seperti udara dingin, kabut tebal, hutan yang homogen serta minimnya sumber air akan menjadi tantangan bagi pendaki.

10. Gunung Ciremai 

Berlokasi di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kuningan, Jawa Barat memiliki ketinggian mencapai 3.078 mdpl. Gunung Ciremai termasuk gunung berapi aktif. 

Tercatat letusan pertama terjadi pada 1698. Sementara letusan besar terakhir terjadi pada 1938. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. 

Terdapat lima jalur pendakian Gunung Ciremai yang memiliki tantangan tersendiri, yaitu Jalur Apuy, Jalur Palutungan, Jalur Linggarjati, Jalur Linggasana, Jalur Sadarehe. 

Itu dia 10 urutan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang bisa menjadi tujuan pendakian yang menantang dan menyenangkan bagi para pencinta alam. 


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT