Waktu tempih kereta api jarak jauh kini lebih cepat 30 menit. (Ilustrasi/Foto Ist)
Lukman Hakim

SURABAYA, iNews.id - Perjalanan kereta api jarak jauh kini lebih cepat dari biasanya. Untuk rute Surabaya-Jakarta dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gambir hanya butuh waktu 9 jam 2 menit, lebih cepat 30 menit dari biasanya. 

Percepatan waktu tempuh ini terjadi untuk lima kereta api jarak jauh dari Daop 8 Surabaya yakni KA Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir PP) dan KA Bima (Surabaya Gubeng-Gambir PP). Selain itu KA Turangga (Surabaya Gubeng-Bandung PP), KA Harina (Surabaya Pasar Turi - Bandung PP), dan KA Pasundan (Surabaya Gubeng-Kiaracondong PP).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan. Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. 

"Di antaranya pembangunan jalur ganda, peningkatan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan," katanya, Rabu (28/9/2022). 

Atas adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan KA meningkat. Dari sebelumnya 105 kilometer (km) per jam menjadi 120 km per jam. 

Meski ada peningkatan kecepatan, Luqman memastikan keselamatan perjalanan KA tetap diutamakan. "Waktu perjalanan yang semakin singkat berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. Kami imbau kepada calon pelanggan untuk memperhatikan betul jadwal keberangkatan KA mulai 28 September 2022," katanya. 

Sementara itu, pada momen HUT KA ke-77, PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya juga bekerja sama dengan tenant di stasiun untuk memberi diskon kepada penumpang maupun pengunjung yang berbelanja di gerai yang tersedia di stasiun. Beberapa di antaraya di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, Stasiun Mojokerto, dan Stasiun Sidoarjo.

"Kami juga bekerja sama dengan beberapa hotel di Surabaya. Penumpang KA jarak jauh dan menengah, cukup menunjukkan boarding pass sesuai identitasnya untuk dapat memperoleh diskon atau harga spesial bila menginap di hotel yang telah bekerjasama dengan KAI," katanya. 

Berikut percepatan waktu tempuh 5 KA Jarak Jauh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya :

- KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi-Gambir dengan jadwal keberangkatan pukul 19.25 WIB dari Stasiun Surabaya Pasarturi, sebelumnya 9 jam 32 menit, kini 9 jam 2 menit. Selisih 30 menit.

- KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir dengan jadwal keberangkatan pukul 17.30 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 11 jam 35 menit, kini 11 jam 10 menit. Selisih 25 menit.

- KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 19.00 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 10 jam 49 menit, kini 10 jam 19 menit. Selisih 30 menit.

- KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi - Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 18.10 WIB dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 11 jam 12 menit, kini 11 jam 1 menit. Selisih 11 menit.

- KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong dengan jadwal keberangkatan pukul 05.50 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, sebelumnya 14 jam 1 menit, kini 13 jam 49 menit. Selisih 12 menit.


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT