Detik-detik saat kapal nelayan diterjang ombak dan karam. (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto).
Bambang Sugiarto

JEMBER, iNews.id - Kapal nelayan di Jember karam saat hendak bersandar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger. Beruntung seluruh anak buah kapal (ABK) berhasil melompat dari kapal untuk menyelamatkan diri ke pinggir pantai. 

Detik-detik tenggelamnya kapal pencarikan ikan besar sempat terekam kamera amatir warga. Pada rekaman itu kapal terlihat terhempas ombak besar hingga posisinya miring. 

Kondisi ini menyebabkan kapal mudah kemasukan air, hingga akhirnya karam. Beruntung nahas ini terjadi saat posisi kapal berada di pelawangan dan tidak berada di tengah laut, Sehingga belasan ABK dapat melompat dari kapal untuk menyelamatkan diri.

Meski begitu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sebab, kondisi kapal rusak parah. 

Menurut salah seorang nelayan, Salman, sejak beberapa hari lalu para nelayan kesulitan keluar masuk Pelawangan karena ombaknya cukup besar. "Akhirnya kejadian pada kapal tadi. Saat hendak bersandar, kapal kena ombak kemudian karam," katanya. 

Salman mengatakan, cuaca ekstrem tersebut biasanya terjadi hingga beberapa hari. Karena itu, para nelayan biasanya menunggu untuk menghindari bahaya. "Jangan melaut dahulu, karena gelombang di Plawangan membahayakan," katanya. 


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT