Penampakan Gunung Semeru saat mengeluarkan awan panas guguran, Sabtu (8/1/2022). (Foto: iNews.id/Yayan Nugroho).
Yayan Nugroho

LUMAJANG, iNews.id - Gunung Semeru di Lumajang kembali meluncurkan awan panas guguran (APG) Sabtu (8/1/2022). 
Dari pantauan pos PGA Semeru, gunung tersebut dua kali meluncurkan material vulkanis, mengarah ke sisi tenggara. 

Detik-detik luncuran APG Gunung Semeru itu terekam kamera CCTV Pos Pengamatan Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro pada Sabtu dini hari. Masing-masing pada pukul 23.05 WIB dengan amplitudo maksimal 22 milimeter selama 402 detik serta pukul 00.59 wib dengan amplitudo maksimal 25 milimeter selama 240 detik dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah sisi tenggara 

Petugas Pos Pantau mengatakan, getaran amplitudo APG tergolong kecil dan jarak luncur hanya berkisar 2.000 meter. Aktivitas vulkanis tersebut juga tidak berdampak pada permukiman warga. 

Meski begitu, warga diimbau waspada. Pasalnya intensitas aktivitas vulkanis tersebut semakin tinggi. "Masyarakat, terutama yang bermukim di kaki Gunung Semeru diimbau untuk selalu waspada dan menjalankan segala arahan petugas," kata petugas. 

Selain itu warga juga diminta untuk selalu memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru dari sumber yang terpercaya atau website resmi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, yakni melalui magma.vsi.esdm.go.id. Tujuannya agar tidak termakan berita bohong. 

Sementara itu, hingga Sabtu (8/1/2022) status Gunung Semeru masih di level 3 siaga. Warga diminta selalu waspada dan tidak beraktivitas di radius 13 kilometer dari puncak gunung semeru serta menjauhi jalur aliran lahar karena berpotensi terjadi perluasan luncuran awan panas guguran


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT