Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengawal stok solar bagi nelayan Sendang Biru agar tidak mengalami kekurangan. (Foto: Istimewa)
Lukman Hakim

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengawal stok solar untuk nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendang Biru, Dusun Tambakrejo Sendangbiru, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Dia meminta agar koordinator menghitung kebutuhan solar para nelayan.

“Kalau pasokan sejauh ini kurang, maka tolong usulan yang diajukan ditambah. Saya ingin memastikan nelayan tidak kekurangan solar untuk melaut,” kata dia di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendang Biru, Malang, Selasa (27/9/2022).

Sebab, kata dia, dirinya rutin dan intens berkoordinasi dengan GM Pertamina terkait pasokan dan distribusi BBM.

"Sehingga usulan kebutuhan di sektor-sektor hilir harus rigid guna memastikan tidak ada titik-titik yang mengalami kekurangan," ujarnya.

Khofifah juga meminta kepada Pemkab Malang untuk menyiapkan titik-titik strategis agar bisa dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS tersebut akan menambah daya dukung kelistrikan di sekitar kawasan Malang Selatan. 

"Maka saya minta kepada Pak Bupati untuk menyiapkan titik strategis di mana bisa dibangun PLTS sekitar sini. Nantinya, jika PLTS sudah berdiri tentu dapat menambah daya dukung kelistrikan sehingga berdampak kepada masyarakat, nelayan dan wisatawan yang hadir," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Malang M. Sanusi menyatakan, pendapatan para nelayan menurun hingga 20 ton per hari selama pandemi Covid-19. 

Biasanya, para nelayan bisa membawa pulang ikan rata-rata sebanyak 200 ton per hari sebelum pandemi melanda. 

"Kami berharap, lewat larung dan prosesi syukuran ini mendapatkan ridho dari Allah SWT sehingga bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah," katanya.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT