Pesawat Citilink putar balik ke Juanda setelah 10 menit terbang. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Lukman Hakim

SURABAYA, iNews.id - Pesawat Citilink QC 350 tujuan Surabaya-Makassar kembali mendarat di Bandara Internasional (Bandara) Juanda, Rabu (21/9/2022). Pesawat tersebut putar balik setelah terbang sekitar sepuluh menit. 

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya Yuristo Ardi Hanggoro membenarkan peristiwa tersebut. Rencananya penumpang akan diberangkatkan kembali menggunakan pesawat dari Kupang yang akan landing di Bandara Juanda pukul 10.50 WIB.

“Betul ada laporan pesawat mengalami kendala. Sehingga rekues Return to Base (RTB) kembali ke Juanda,” kata Yuris. 

Salah satu penumpang, Choiruman mengatakan, pesawat dijadwalkan berangkat pada pukul 09.30 WIB, dengan perkiraan waktu tiba di lokasi 11.55 waktu setempat. Sewaktu awal terbang, suara mesin sangat terdengar sampai di kabin. Setelah terbang sekitar 10 menit baru diinformasikan oleh awak kabin kalau pesawat akan balik lagi ke Bandara Juanda.

Mendengar informasi tersebut, dirinya bersama para penumpang lainnya seketika terdiam. Setelah turun dari pesawat, semuanya bercerita dan mengaku takut usai mendengar pemberitahuan kembali mendarat ke Bandara Juanda.

"Setelah penumpang turun, diinformasikan kembali bahwa ada perbaikan pada pesawat dan membutuhkan waktu sekitar satu jam," katanya. 

Atas kejadian tersebut, dirinya berharap, manajemen maskapai penerbangan benar-benar memperhatikan keselamatan penumpang, agar kejadian serupa tidak terulang kembali. "Saya lumayan sering naik pesawat, dan baru pertama kali dapat pengalaman semacam ini," katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT