Pelatih Arema FC Javier Roca. (Foto: Ligaindonesiabaru.com)
Avirista Midaada

SOLO, iNews.id - Arema FC berjanji akan bangkit dari keterpurukan di sisa laga putaran pertama Liga 1 2022-2023. Tekad itu diperjuangkan demi korban Tragedi Kanjuruhan dan keluarganya.

"Kita mau kasih yang terbaik untuk Arema, kasih yang terbaik untuk keluarga korban seperti kita janji waktu kita ke rumah duka," kata Pelatih Arema FC Javier Roca saat konferensi pers daring laga Liga 1 melawan Dewa United, Selasa (6/12/2022).

Menurut dia, pertandingan besok akan menjadi ujian bagi para penggawanya pasca-Tragedi Kanjuruhan. Dia menyebut trauma healing pada psikologi pemain dan staf yang terguncang telah dilakukan.

"Saya juga mau tahu besok nilainya seperti apa, mental dan psikologis pemain dalam konteks kompetisi, tapi saya percaya pemain semua profesional mereka pemain lama, dan saya pastikan besok ada motivasi ekstra. Semoga mental itu tidak akan terganggu dalam pertandingan besok," katanya.

Pelatih berusia 45 tahun itu berharap penampilan maksimal anak asuhnya di lanjutan Liga 1 membuat keluarga korban Tragedi Kanjuruhan bisa sedikit melupakan luka. Apalagi timnya telah bertekad dan berjanji kepada para keluarga korban saat berkunjung ke rumah duka masing-masing.

Dia mengatakan telah membawa total 28 pemain ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jumlah itu termasuk dua pemain yang tengah dalam masa pemulihan cedera yakni Kushedya Yudo dan Syaeful Anwar. 

"Paling tidak semua pemain siap untuk besok tampil, karena seperti saya bilang kepada pemain ini sekarang butuh tenaga dari semua pemain. Dari yang paling tua sampai paling muda, dari yang paling banyak main sampai yang belum pernah main," kata dia.

Di sisi lain, pemain tengah Arema FC Adam Alis menuturkan, kembali bergulirnya kompetisi liga pasca dua bulan terhenti akibat Tragedi Kanjuruhan membuatnya senang. Dirinya bertekad memaksimalkan sisa enam pertandingan di putaran pertama untuk meraih poin penuh.

"Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar di sisa ini, hanya enam pertandingan. Mudah-mudahan itu aja penting udah bisa berjalan dulu kita sudah senang sebagai pemain," kata Adam Alis.

Diketahui, Arema FC akan menjamu Dewa United pada lanjutan putaran pertama Liga 1 di Stadion Manahan, Solo. Pertandingan itu akan digelar pada Rabu (7/12/2022).


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT