Jalan Raya Bojonegoro-Babat terendam banjir. (istimewa).
Dedi Mahdi

BOJONEGORO, iNews.id - Ribuan rumah di 13 desa di wilayah Kabupupaten Bojonegoro terendam banjir, Minggu (27/11/2022). Selain rumah, banjir setinggi 40 centimeter juga menggenangi Jalan Raya Bojonegoro-Lamongan Desa Sobontoro, Balen hingga sepanjang 1 kilometer. 

Ke-13 desa yang terendam banjir yakni Desa Sidobandung, Ngadiluhur, Suwaloh, Mulyoagung, Kabunan dan Sobontoro di Kecamatan Balen. Selain itu Desa Semawot, Kalicilik, Sukosewu, Semenkidul, Jumput, Duyungan dan Sidodadi di Kecamatan Sukosewu. 

Informasi yang dihimpun, banjir ini terjadi akibat luapan Sungai Pacal, Bojonegoro. Hujan deras yang turun sepanjang Sabtu malam lalu membuat debit air meningkat hingga tak mampu ditampung dan meluap.

Akibat banjir ini, arus lalu lintas macet panjang, mencapai hampir dua kilometer, baik dari arah Bojonegoro maupun sebaliknya. Untuk mengurai kemacetan, sejumlah petugas dibantu warga sekitar bekerja keras melakukan pengaturan jalan sekaligus membantu sejumlah pengendara yang terjebak banjir. 

Menurut salah seorang warga, Kurdi, mengatakan, banjir yang terjadi kali ini merupakan yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Banjir diketahui merendam jalan dan rumah warga sejak, Sabtu (26/11/2022) kemarin. 

Meski begitu, warga masih tetap bertahan di dalam rumah. Mereka enggan mengungsi kendati ketinggian air mencapai 50  centimerter hingga 1 meter. "Kami di rumah saja. Mudah-mudahan segera surut," katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT