Zona Merah Covid-19 Meluas di 5 Daerah, PPKM di Jatim Berpotensi Berubah 

Ihya Ulumuddin · Rabu, 13 Januari 2021 - 08:45:00 WIB
Zona Merah Covid-19 Meluas di 5 Daerah, PPKM di Jatim Berpotensi Berubah 
ilustrasi PPKM di Kota Surabaya (Sindonews/Ali Msduki)

SURABAYA, iNews.id - Zona merah Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) meluas di lima daerah baru. Kondisi ini memungkinkan adanya perubahan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jatim. 

Kemungkinan itu disampaikan Juru bicara Satgas Covid-19 Jati dr Makhyan Jibril. Menurutnya, kondisi penyebaran Covid-19 bisa berpengaruh pada perubahan PPKM. Hal itu sebagaimana rambu-rambu yang dikeluarkan kementerian dalam negeri(kemendagri). 

"Peta zona risiko terus fluktuatif. Daerah yang semula merah kini berubah oranye. Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, perubahan bisa berpengaruh pada area PPKM," katanya, Rabu (13/1/2021).

Namun, keputusan PPKM tetap ada di pemerintah provinsi. Apakah akan berubah atau tidak. "Potensi berubah bisa terjadi, tetapi itu tetap menjadi kewenangan gubernur," katanya. 

Menurut Jibril, ada dua kemungkinan yang bakal dilakukan pemerintah provinsi terkait peningkatan Covid-19 ini. Pertama, penambahan area PPKM dengan menambah lima daerah baru. Kedua merevisi area dengan menghapus tiga daerah yang kini zona merah, lalu mengganti dengan lima daerah baru.

Namun, Jibril enggan menjelaskan lebih rinci. Dia hanya menuturkan update zona terakhir segera dibahas bersama. Secepatnya ada keputusan apakah area PPKM berubah atau tidak. "Yang jelas, potensi berubah atau penyesuaian pasti ada," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin