Warga Bojonegoro Jadi Semangat Buang Sampah pada Tempatnya, karena Bisa Ditukar Emas

Dedi Mahdi ยท Jumat, 23 September 2022 - 16:27:00 WIB
Warga Bojonegoro Jadi Semangat Buang Sampah pada Tempatnya, karena Bisa Ditukar Emas
Warga Bojonegoro jadi bersemangat membuang sampah pada Bank Sampah Rayasa karena bisa ditukar dengan emas. (Foto: Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.idWarga Bojonegoro berbondong-bondong mengumpulkan sampahnya di Bank Sampah Rayasa, Jalan MH Thamrin, Desa Kauman, Kecamatan Kota. Pasalnya, pada bank sampah ini plastik yang dikumpulkan dapat ditukar dengan emas.

Adapun sistem penukaran sampah ini dirintis oleh Oki Sepma (30) bersama sang istri Apfika Nurhayati sejak 2019 lalu. Di sini, warga bisa menabung sampah yang bisa didaur ulang seperti plastik dan kertas.

Saat sampah yang terkumpul mencukupi, warga bisa menukarkannya dengan emas mini gold kadar 24 karat. Emas yang ditukarkan tersedia mulai seberat 0,01 gram atau senilai Rp25.000.

Hingga saat ini, sedikitnya sudah ada 6 anggota yang rutin menyetorkan sampah di Bank Sampah Rayasa. Oki bersama sang istri mengatakan usaha yang dirintis tidak semata mencari keuntungan, namun juga mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita coba jadi program kita itu, sampah jadi emas. Kebetulan untuk dua hal ini kan saling berkaitan ya. Bank sampahnya menyelamatkan lingkungan dari limbah sampah, kalau emas itu kan menyelamatkan generasi kita dari inflasi,” kata Oki, Jumat (23/9/2022).

Lantara bisa menambah pendapatan, kehadiran bank sampah disambut positif oleh masyarakat setempat.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: