SURABAYA, iNews.id - Generasi Z (gen Z) berpeluang besar mengambil peran membantu meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara "Anak Bangsa Curhat’ di Universitas Airlangga (Unair), Selasa (7/11/2023).
Menurut Angela, banyak peluang yang dapat digarap oleh gen Z dalam pengembangan ekonomi kreatif, misalnya, dengan menjadi konten kreator. Dia menjelaskan, saat ini banyak generasi Z yang tertarik menjadi konten kreator.
Wamenparekraf Angela Sebut Jumlah Kunjungan Wisata di Indonesia Masih On The Track
Bahkan, sekarang tercatat konten kreator memiliki pasar Rp7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat di 2027. “Jadi mereka tidak sebatas dengan konten-konten komedi, tapi juga lebih mengerucut kepada minat dan bakat masing-masing,” kata Angela.
Angela menjelaskan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19. Tercatat ada pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial.
Editor: Ihya Ulumuddin