Wali Kota Risma Dihina Netizen di Facebook, Warga Minta Polisi Tangkap Pelaku

Antara ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 21:00 WIB
Wali Kota Risma Dihina Netizen di Facebook, Warga Minta Polisi Tangkap Pelaku
Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Arek Suroboyo Wani (FASW) berunjuk rasa di Mapolrestabes Surabaya mendesak penghina Risma ditangkap. (Foto: Antara)

SURABAYA, iNews.id – Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Arek Suroboyo Wani (FASW) mendesak polisi segera menangkap pemilik akun Facebook Zikria Dzatil yang dinilai menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Desakan itu dilakukan FASW saat berunjuk rasa di Mapolrestabes Suarabaya, Jumat (24/1/2020).

Dalam aksinya, warga membentangkan sejumlah spanduk dan poster di antaranya bertuliskan “Aksi Heroik Arek Surobo”, “Kukorbankan Segalanya Demi Risma” dan “Usut Tuntas Akun Medsos Penyebar Kebencian” dan lain sebagainya. “Kita akan sikat siapa saja yang ngenyek dan menghina Ibu Risma,” ucap seorang pendemo.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran mengatakan, jajarannya masih menyelidiki akun media sosial Facebook bernama Zikria Dzatil yang dilaporkan menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Akun Facebook itu dilaporkan Bagian Humas Pemkot Surabaya karena dinilai menghina Risma terkait banjir beberapa waktu lalu.

"Kami telah menerima laporan dari Bagian Hukum Pemkot Surabaya, yang menerima kuasa dari Waki Kota Tri Rismaharini, pada tanggal 21 Januari lalu," katanya.

BACA JUGA: Wali Kota Risma Imbau Warga untuk Tidak Berlebihan Merayakan Tahun Baru

Menurut Sudamiran, akun tersebut merespons banjir yang terjadi di kawasan Surabaya Barat pada 15 Januari lalu, dengan mengunggah gambar Wali Kota Tri Rismahirini yang disertai dengan caption atau keterangan tulisan yang dianggap menghina, serta melukai perasaan segenap warga Kota Surabaya.

Sedangkan banjir yang menjadi bahan perundungan terhadap Wali Kota Surabaya di akun Facebook Zikria Dzatil itu sebenarnya telah ditangani dengan cepat oleh Pemkot Surabaya dan berhasil surut dalam waktu kurang dari tiga jam setelah hujan reda.

BACA JUGA: Diguyur Hujan 2 Jam, Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Kota Surabaya

Penelusuran polisi, akun Facebook Zikria Dzatil saat ini sudah tidak aktif yang kemungkinan sudah ditutup sendiri oleh pemiliknya. Namun, Sudamiran memastikan akan terus mengembangkan penyelidikan perkara ini.

"Empat orang telah kami mintai keterangan, yaitu dari pihak pelapor serta saksi-saksi, salah satunya seorang warga yang merasa terhina karena Wali Kota-nya telah dilecehkan," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki