Wakil Kepala BPIP: Teladani Bung Karno dengan Membaca Buku

Ihya Ulumuddin · Jumat, 06 November 2020 - 14:07:00 WIB
Wakil Kepala BPIP: Teladani Bung Karno dengan Membaca Buku
Rombongan pejabat BPIP mengunjungi UPT Perpustakaan Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Jumat (6/11/2020). (Foto: BPIP).

BLITAR, iNews.id - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono menilai jika generasi penerus bangsa ingin meniru dan meneladani Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno, harus membaca buku. Sebab, sejak usia muda Bung Karno sudah mengenal pemikiran-pemikiran besar dunia maupun pemikiran luhur Bangsa Indonesia melalui membaca buku.

"Sehingga Bung Karno mampu meramu pemikiran-pemikiran besar yang orisinil yang sesuai dengan budaya nusantara termasuk landasan negara kita yaitu Pancasila. Ini bisa dikonstruksi oleh beliau sebagai sebuah konsep ideologi yang sangat fleksibel dan dinamis yaitu pancasila," kata Hariyono saat berkunjung ke UPT Perpustakaan Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (6/11/2020).

Menurut Hariyono, dengan pemikiran yang bersumber dari bacaan-bacaan buku, Bung Karno membangun Indonesia bukan sebagai negara monarki atau kerajaan. Justru, Bung Karno mengubah kerajaan tradisional menjadi negara Indonesia modern yang melayani.

"Dan dengan melayani itulah Bung Karno sebagai penyambung lidah rakyat siap menghamba bagi rakyatnya sendiri," kata Hariyono.

Karena itu, keberadaan perpustakaan Bung Karno ini menjadi sebuah keniscayaan bagi generasi penerus bangsa untuk merawat dan mengembangkannya. Karena tidak mungkin generasi penerus bangsa mengenal dan mengembangkan pemikiran Bung Karno dan cita-cita pendiri bangsa lainnya kalau tidak membaca buku.

Hariyono mengaku bangga dengan UPT Perpustakaan Bung Karno yang sudah melayani layanan online. Diharapkan, layanan ke depan semakin meningkat dan berkembang.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2