Viral, Mall Olympic Garden Kota Malang Larang Tenant Pakai Atribut Natal, Ini Alasannya

Deni Irwansyah, Antara ยท Selasa, 26 November 2019 - 21:09 WIB
Viral, Mall Olympic Garden Kota Malang Larang Tenant Pakai Atribut Natal, Ini Alasannya
Replika pohon Natal raksasa berdiri di depan Mall Olympic Garden Kota Malang. Pihak manajemen mengeluarkan larangan atribut Natal bagi seluruh tenant. (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id - Pusat perbelanjaan di Kota Malang, Mall Olympic Garden (MOG) yang melarang para pemilik toko atau penyewa tenant untuk tidak menggunakan atribut Natal yang jatuh pada 25 Desember viral di media sosial.

Surat imbauan bernomor 243/TR/MOG/EX/XI/2019 yang yang dikeluarkan pada 25 November 2019 tersebut, beredar luas melalui akun Facebook dan aplikasi perpesanan WhatsApp.

Pihak MOG menyatakan dikeluarkannya surat tersebut dikarenakan pernah terjadi aksi sweeping yang dilakukan ormas tertentu. 

Setelah beredarnya surat tersebut di dunia maya, pihak Manajemen MOG akhirnya mengeluarkan klarifikasi, dengan mengeluarkan surat pada 26 November 2019.

Dalam surat klarifikasi bernomor 10/HRD/MOG/XI/2019 tersebut, berisi penjelasan bahwa surat sebelumnya dimaksudkan untuk mengimbau pemilik atau penyewa unit agar tidak memaksakan karyawan mereka untuk mengenakan atribut Natal.

Dalam surat klarifikasi itu juga menyebutkan bahwa surat sebelumnya dibuat dengan tujuan untuk menjunjung penghormatan dan toleransi antaragama.

Tenant Relation MOG Malang, Peptina Magdalena mengakui, respons yang muncul dari tenant pun beragam terkait surat edaran itu.

“Ada juga tenant yang menanyakan langsung pada manajemen terkait isi surat edaran tersebut,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Dia menegaskan, Manajemen MOG tetap menghormati perayaan Natal, bahkan hiasan perayaan Natal sudah terpasang, seperti pohon Natal di pintu masuk. Hiasan lainnya seperti sinterklas, serta dekorasi juga ada di setiap lantai mal.


Editor : Kastolani Marzuki