Viral Hujan Es di Lereng Argopuro, BPBD Probolinggo Imbau Warga Tidak Panik

Hana Purwadi, Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:48 WIB
Viral Hujan Es di Lereng Argopuro, BPBD Probolinggo Imbau Warga Tidak Panik
Foto butiran es yang viral di lereng Gunung Argopuro, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Kecemasan melanda warga pascaviral hujan es di lereng Gunung Argopuro, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Video yang terunggah di akun grup Facebook ‘Kawasan Krucil’ pada 5 Oktober ini telah dilihat ribuan warganet hingga mengundang banyak reaksi.

Sebagian besar warganet ketakutan dan meminta warga lainnya agar untuk tidak keluar rumah. Pasalnya, butiran es cukup besar. Di mana pada video tersebut, tampak butiran es yang berjatuhan di halaman rumah warga maupun yang diletakkan di atas telapak tangan ukurannya mencapai diameter antara 1-2 cm.

“Hujan es ini terjadi di Desa Krobungan, Kecamatan Krucil atau di lereng Argopuro. Karena itu, kami semua takut. Sebab seperti di video, ukurannya cukup besar, sekitar 1-2 cm,” kata Mahfud, salah seorang warga, Selasa (8/10/2019).

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo Sugeng Supri Yoge mengatakan, fenomena hujan es biasa terjadi saat peralihan musim. Pada saat itu, cuaca ekstrem kerap terjadi, seperti turunnya butiran es. Namun, fenomena tersebut tidak berlangsung lama.

“Warga tidak usah terpancing dengan kabar di media sosial. Tidak usah khawatir dan tetap beraktivitas seperti biasa. Hujan es ini biasa terjadi saat datang musim hujan pertama kali,” katanya.

Kendati demikian, Sugeng tetap meminta warga untuk waspada. Mereka diimbau untuk tidak menerjang saat terjadinya hujan es.

“Sebaiknya warga menghindar atau berlindung di tempat yang aman,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw