Usai Bepergian ke Lumajang, ASN di Pemkab Situbondo Positif Covid-19

Riski Amirul Ahmad ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:34:00 WIB
Usai Bepergian ke Lumajang, ASN di Pemkab Situbondo Positif Covid-19
Suasana kantor Pemkab Situbondo, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.id - Seorang ASN di lingkungan Pemkab Situbondo, Jawa Timur (Jatim) terkonfirmasi Covid-19. Meski aktivitas di lingkungan pemerintahan masih berjalan seperti biasa, namun tampak lebih sepi.

Seorang ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari bagian sekretariat daerah. Sebelumya, yang bersangkutan diketahui telah bepergian ke Lumajang.

Sebanyak 10 kontak erat dari ASN tersebut telah menjalani tes swab dan ruang kerja bagian pembangunan ditutup sementara. Para ASN di bagian ini mulai bekerja dari rumah masing – masing sampai hasil swab diterima.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo, Dadang Aries mengatakan, jika dari tes swab terhadap 10 ASN tersebut ada yang positif, maka tim akan kembali melakukan tracing kepada pegawai lain termasuk keluarga yang bersangkutan.

“Saat ini kami masih menutup ruangan dari ASN yang bersangkutan, sementara 10 orang kontak erat diminta bekerja dari rumah hingga hasil tes usap keluar,” katanya, Senin (5/10/2020).

Hingga saat ini, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Situbondo terus bertambah menjadi 546 kasus. Jumlah kematian akibat Covid-19 mencapai 48 jiwa.

Status Kabupaten Situbondo kini meningkat menjadi zona oranye atau risiko sedang. Sebelumnya kabupaten ini berada di zona kuning atau risiko rendah.

Penyebaran Covid-19 di wilayah ini disumbangkan oleh beberapa klaster. Klaster tertinggi yakni karyawan pabrik rokok di Probolinggo dan penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: