Tenun Ikat dan Songket Parengan Lamongan Tembus Pasar Global, Khofifah: Produk Unggulan Desa

Lukman Hakim ยท Senin, 07 Maret 2022 - 09:19:00 WIB
Tenun Ikat dan Songket Parengan Lamongan Tembus Pasar Global, Khofifah: Produk Unggulan Desa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Butik Kerajinan Tenun Ikat Paradila di Desa Parengan, Maduran Lamongan. (Foto:Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Tenun ikat dan kain songket  parengan Lamongan, Jawa Timur (Jatim) tembus pasar global. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan sebagai Desa Devisa ke Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). 

"Produk unggulan desa ini adalah tenun ikat dan kain songket. Dan ini diproduksi oleh penduduk desa ini," kata Khofifah usai mengunjungi Butik Kerajinan Tenun Ikat Paradila di Desa Parengan, Maduran Lamongan, Minggu (6/3/2022).

Sebagai informasi, kerajinan tenun ikat di Desa Parengan dikenal dengan nama tenun ikat Parengan. Tenun Ikat Parengan ini dibuat langsung di sentra industri yang bernama Paradila. Selain tenun ikat, Butik Paradila ini juga menyediakan tenun ikat doby, tenun ikat doby tiker, songket sido, songket payet, songket ancak, dan tenun ikat spesial. 

Butik Paradila telah berdiri sejak 1989 dan menaungi warga Desa Parengan dan sekitarnya untuk menjaga kelestarian tenun ikat di Lamongan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: