Hikmah

Tata Cara Shalat Mutlak Rebo Wekasan Lengkap Bacaan Niat serta Doa dan artinya

Kastolani · Selasa, 20 September 2022 - 18:19:00 WIB
Tata Cara Shalat Mutlak Rebo Wekasan Lengkap Bacaan Niat serta Doa dan artinya
Tata cara shalat mutlak Rebo Wekasan yang bisa diamalkan Muslim. (Foto: freepik)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu amalan baik di malam Rebo Wekasan atau Rabu terakhir di Bulan Safar adalah melaksanakan shalat mutlak 4 rakaat. Lalu, bagaimana tata cara shalat mutlak di malam Rebo Wekasan?

Tim Asatid Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Muhammad Ajib dalam bukunya berjudul 33 Macam Jenis Shalat Sunnah menjelaskan, shalat mutlak adalah shalat sunnah yang bebas dikerjakan kapanpun kecuali di waktu terlarang dan berapa pun jumlah rakaatnya juga boleh.

Para ulama juga mengatakan bahwa shalat sunnah mutlak yang dikerjakan pada malam hari itu lebih utama dari pada shalat mutlak yang dikerjakan pada siang hari.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits di bawah ini:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan haram. Dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim, at-Tirmidzi & an-Nasai).

Para ulama mengatakan bahwa hadits ini berkaitan dengan shalat mutlak. Sebab shalat mutlak adalah shalat yang tidak terikat dengan waktu dan tidak terikat dengan sebab.

Jumlah rakaatnya pun bebas berapa saja. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam ar-Ramli rahimahullah di bawah ini:

Tidak ada batasan untuk jumlah rakaat shalat mutlaq bagi seseorang terserah dia mau mengerjakannya walaupun tanpa niat menentukan jumlah rakaat. Bahkan tidak makruh 1 rakaat.

Ketika hendak shalat mutlak pun niatnya tidak perlu menyebutkan nama shalatnya. Cukup berniat ingin shalat saja sudah sah. Melaksanakan salat sunah secara mutlak dijelaskan dalam hadis:

Sabda Nabi : “Shalat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah” (Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwa hadis ini dinilai sahih oleh Ibnu Hibban. Fath Al-Bari 2/479).

Hadis inilah yang dijadikan dalil oleh Mufti Mesir dalam melaksanakan salat sunah mutlak, namun harus menjaga betul dengan niat salat tersebut agar tidak diniati dengan niat salat yang tidak ada tuntunannya.

Tata Cara Shalat Mutlak Rebo Wekasan

Shalat sunnah muṭlak di malam Rebo Wekasan kerap disebut masyarakat awam sebagai shalat tolak bala. Dilansir dari Jurnal Theologia IAIN Kudus, KH Abdul Hamid Kudus dalam kitab Kanzun Najah menjelaskan mengenai tata cara shalat mutlak. 

Bacaan Niat Shalat Mutlak

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالٰى

Ushollii sunnatan rok’ataini lillaahi ta’ala.

Aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: