Tata Cara Baca Yasin di Malam Jumat

Kastolani · Kamis, 23 Juni 2022 - 14:55:00 WIB
Tata Cara Baca Yasin di Malam Jumat
Tata cara baca Yasin di Malam Jumat yang dianjurkan untuk diamalkan karena banyak keutamaan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Tata cara baca Yasin di malam Jumat yang benar serta berurutan penting diketahui agar pahalanya sampai kepada si mayit.

Membaca Surat Yasin lazim dilakukan sebagian masyarakat Muslim di Indonesia baik ketika ziarah kubur, tiap malam Jumat maupun ketika ada orang meninggal dunia. 

Dengan membaca Surat Yasin dan tahlil berharap mendapat ampunan dosa dan ridha dari Allah SWT.

Membaca Yasin di malam Jumat dilakukan setelah maghrib. Bagi sebagian masyarakat muslim di Indonesia, khususnya warga Nahdliyin, pembacaan surat Yasin yang diikuti dengan tahlil dihadiahkan kepada orang tua yang sudah meninggal. Hal ini dibolehkan dan pahalanya sampai kepada si mayit.

Sebagian ulama mengatakan bahwa di antara khasiat surat Yasin yang dibacakan untuk orang meninggal sebagai penolong mayit agar mendapat ampunan dan keringanan siksa kubur.

Selain itu, khasiat lain membacakan Surat Yasin kepada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut untuk memohon agar Allah menurunkan rahmat-Nya.

Adapun waktu yang tepat membaca Surat Yasin pada malam Jumat berdasarkan hadis Nabi SAW:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Dalam riwayat lain disebutkan keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat:

وذكر الثعلبي عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "من قرأ سورة يس ليلة الجمعة أصبح مغفورا له"

Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairoh Ra. “Barangsiapa membaca Yasin di malam jumat, maka paginya diampuni dosanya”. [ alJaamii’ Li Ahkaam al-Quraan XV/3, Tafsiir Sirooj al-Muniir III/301 ].

Tata Cara Baca Yasin di Malam Jumat

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya Ritual & Tradisi Islam Jawa menerangkan bahwa para ulama tahqiq sepakat tentang sampainya pahala bacaan Al Quran, termasuk Surat Yasin untuk orang yang meninggal dan mereka mendapat manfaat dari bacaan tersebut.

Para ulama juga sepakat membaca Alquran termasuk Surat Yasin baik berdoa sebelum maupun sesudah membacanya bagi orang yang meninggal pahala bacaannya tetap akan sampai sebagaimana pendapat ulama Maliki, Hanafi dan Hanbali.

Rasulullah SAW bersabda: 

"Barang siapa yang memasuki pekuburan, lalu membacakan Surat Yasin, Allah akan meringankan siksa bagi penghuni kubur dan bagi yang membaca mendapat pahala kebaikan-kebaikan sejumlah penghuni kubur tersebut. (HR Abdul Aziz). 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: