Tamu Hotel di Kota Batu Wajib Bebas Covid-19: Khofifah: Cara Kepala Daerah Lindungi Warga

Umaya Khusniah ยท Senin, 22 Juni 2020 - 13:20:00 WIB
Tamu Hotel di Kota Batu Wajib Bebas Covid-19: Khofifah: Cara Kepala Daerah Lindungi Warga
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menilai kepala daerah seperti bupati dan wali kota memiliki cara masing-masing melindungi warga dari Covid-19. Seperti di Kota Batu yang mewajibkan tamu hotel dari zona merah membawa surat bebas Covid-19.

"Saya rasa ini cara kepala daerah untuk memproteksi pengunjung supaya dapat berwisata aman," katanya saat dialog di iNews TV, Senin (22/6/2020). 

Dia mengatakan, sedari awal usai PSBB berakhir, Malang Raya belum menerapkan new normal. Kota Malang, Batu dan Kabupaten Malang masih menerapkan masa transisi yang dievaluasi tiap tujuh hari.

"Hasil evaluasi berdasarkan peta persebaran Covid-19 yang dirilis Bersatu Lawan Covid-19 (BLC), posisi Kota Batu dan Kota Malang ada di zona kuning, sementara Kabupaten Malang masuk zona oranye," katanya.

Khofifah mengatakan, masyarakat di Malang raya sudah bisa melakukan aktivitas ekonomi seperti perdagangan ataupun pariwisata tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Meski demikian, pemerintah daerah akan terus mengawal penerapan protokol tersebut.


Editor : Umaya Khusniah