Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Kisah Ulama asal Madinah yang Hijrah ke Indonesia 

Tim iNews.id · Kamis, 14 Januari 2021 - 11:43:00 WIB
Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Kisah Ulama asal Madinah yang Hijrah ke Indonesia 
Syekh Ali Jaber. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Umat Islam Indonesia kembali berduka. Ulama kharismatik Syekh Ali Jaber meninggal dunia. Ulama asal Madinah, Arab Saudi ini wafat setelah berjuang melawan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Yarsi, Jakarta, Kamis (14/1/2021). 

Dikutip dari akun Facebook Syekh Ali Jaber @syekh.ajindo, Syekh Ali Jaber memiliki nama lengkap Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber. Dia merupakan seorang ulama dari kota Nabi, lahir di kota Madinah Al-Muna­warah pada 3 Shafar 1396 Hijriah bertepatan dengan tanggal 3 Febuari 1976.

Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan, baik formal maupun informal, di Madinah. Syekh Ali Jaber dikaruniai kecerdasan oleh Allah SWT. Pada usia 10 tahun, Syekh Ali Jaber sudah hafal 30 jus Alquran. Selang tiga tahun kemudian, tepatnya di usia 13 tahun, Syekh Ali Jaber dipercaya menjadi imam di salah satu masjid di Kota Madinah.

Syekh Ali Jaber mengakhiri masa lajangnya dengan mempersunting Umi Nadia, gadis asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikenalnya semasa di Madinah.
 
Syekh Ali Jaber kemudian memutuskan tinggal di Indonesia sambil berdakwah pada 2008. Syekh Ali kemudian dikenal luas setelah menjadi salah satu juri dalam program Hafiz Quran yang ditayangkan RCTI tiap Ramadan.

Tepat pada 23 Januari 2020,  Syekh Ali Jaber resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI) tepat.  

Melalui akun Instagram, Syekh Ali Jaber mengunggah foto dirinya menunjukkan paspor Indonesia. Di keterangan foto tersebut, dia membagikan kabar gembira itu.

“Masyaallah Barakallah... Alhamdulillah. Menjadi sebuah kebahagian dan kebanggaan bagi kami beserta keluarga saat pengajuan menjadi Warga Negara Indonesia telah diterima,” ucap Syekh Ali Jaber, Kamis (23/1/2020).

Editor : Ihya Ulumuddin