Survei ARCI, Elektabilitas Prabowo di Jatim Tertinggi Ungguli Ganjar Pranowo

Lukman Hakim ยท Selasa, 29 November 2022 - 19:08:00 WIB
Survei ARCI, Elektabilitas Prabowo di Jatim Tertinggi Ungguli Ganjar Pranowo
Prabowo Subianto (foto: Antara)

SURABAYA, iNews.id - Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden, cukup tinggi berdasarkan survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Tingkat keterpilihan Prabowo di Pilpres 2024 juga lebih besar dibanding calon lain, termasuk Ganjar Pranowo

Hasil tersebut didapat ARCI dalam survei Pilpres di Jawa Timue (Jatim) selama kurun waktu 10-20 November 2022. "Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur sebagai capres tertinggi mengungguli Ganjar Pranowo," kata Baihaki Siraijt, Direktur ARCI di Surabaya, Selasa (29/11/2022). 

Baihaki mengatakan, Prabowo unggul di Jawa Timur salah satunya karena rekam jejaknya sudah dikenal warga. Keunggulan Prabowo atas Ganjar di Jawa Timur karena Ganjar belum jelas mendapat tiket. "Sejauh ini Ganjar belum jelas, sehingga pemilihnya gamang. Dan tren Prabowo sebenarnya stagnan meski ada kenaikan sedikit pasca dirinya deklarasi Agustus lalu," jelasnya. 

Selain itu, elektabilitas Prabowo masih tinggi di Jatim karena geliat Gerindra di Jawa Timur cukup masif dalam mengkampanyekan Prabowo Subianto di daerah-daerah. 

Lebih lanjut, Baihaki menyebut, di peringkat ke-3 ada nama Anies Baswedan. Ada tren kenaikan untuk elektabilitas Anies pasca Mantan Gubernur DKI Jakarta itu deklarasi. "Angkanya Anies masih tertinggal dari Prabowo dan Ganjar. Karena memang belum kampanye masif di Jatim," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: