Surabaya Punya Labkesda Tes Usap Covid-19, Diresmikan Wali Kota Risma

Hari Tambayong ยท Rabu, 16 September 2020 - 16:00 WIB
Surabaya Punya Labkesda Tes Usap Covid-19, Diresmikan Wali Kota Risma
Petugas di Labkesda Pemkot Surabaya. (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menyiapkan sebuah laboratorium kesehatan daerah (labkesda) untuk tes swab. Untuk warga Surabaya, tidak dipungut biaya dengan menunjukkan KTP, sementara warga luar dikenakan ongkos Rp120.000 per tes usap.

Laboratorium yang beralamat di kawasan Gayungan Surabaya ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Tri Rismaharini, Selasa (15/9/2020). Nantinya, operasional laboratorium akan buka 24 jam.

Risma mengatakan, labkesda ini maksimal mampu melakukan uji sample swab sebanyak 4.000 buah. Namun, saat ini rata-rata Labkesda Surabaya melakukan uji sample swab sebanyak 1.000 2.000 sampel.

“Saya mohon, warga yang memiliki profesi seperti sopir dan biasa pulang pergi keluar kota untuk melakukan tes swab di labkesda sebelum pulang ke rumah dan bertemu keluarga,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Dia menambahkan, warga yang melakukan tes usap dapat menunggu hasilnya di hari yang sama. Hal ini karena proses pemeriksaan sampel memerlukan waktu 1-1,5 jam.

“Kalau hasilnya negatif, silakan pulang ke rumah. Namun jika tidak, saya sarankan langsung ke asrama haji,” katanya.

Dia mengatakan, masyarakat yang dikarantina tidak perlu kuatir terkait biaya karena gratis. Risma berharpa dengan adanya Labkesda ini, bisa dimanfaatkan oleh warga Surabaya maupun warga luar kota yang datang.


Editor : Umaya Khusniah