Soroti Angka Stunting Jatim, Arumi Bachsin Singgung Kebiasaan Mager Calon Ibu

Lukman Hakim ยท Kamis, 15 September 2022 - 09:15:00 WIB
Soroti Angka Stunting Jatim, Arumi Bachsin Singgung Kebiasaan Mager Calon Ibu
Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin menyebut kebiasaan mager anak muda sebagai calon ibu harus dikurangi untuk menekan angka stunting. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Timur (Jatim) Arumi Bachsin menyebut, angka prevalensi stunting di Jatim saat ini mencapai 23,5 persen dari total penduduk. Angka itu lebih rendah dibanding angka prevalensi stunting nasional yang berada di angka 24,4 persen.

"Untuk mencapai target nasional di tahun 2045 sebesar 14 persen perlu kerja ekstra dan bersinergi dengan banyak pihak. Jadi kami di PKK kalau dikerjakan sendiri ini akan terasa susah. Bukan tidak mungkin. Jadi kita harus bersinergi dengan banyak pihak terkait,” kata Arumi dalam sebuah acara seminar di Universitas Airlangga (Unair), Rabu (14/9/2022).

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak itu mengungkapkan, generasi muda saat ini memiliki kebiasaan atau pola hidup yang kurang baik. Sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada kehidupan jangka panjang nantinya. 

“Fenomena mager (malas gerak) ini sudah melekat di remaja. Bahkan inilah yang membuat mereka terbiasa dalam pola hidup fast food. Padahal, jika kita memasak sendiri pasti kebutuhan gizi terpantau dengan baik,” katanya.

Arumi mengatakan, penting untuk memulai intervensi sejak usia remaja, utamanya remaja putri yang akan jadi ibu di masa depan. Kualitas kesehatan dan hidup, kata dia, harus dijaga secara detail sejak dini. 

“Sebab, penting mempersiapkan sejak dini. Nantinya agar di masa depan, keturunan bisa bebas dari stunting,” ungkap Arumi.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: