Soal Stadion GBT Bau Sampah, Menpora: Harus Segera Dicarikan Solusinya

Sony Hermawan ยท Senin, 04 November 2019 - 15:49 WIB
Soal Stadion GBT Bau Sampah, Menpora: Harus Segera Dicarikan Solusinya
Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai berbenah untuk menjamu tim-tim yang akan berlaga di Piala Dunia U-20. (Foto: iNews)

SURABAYA, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali meminta persoalan bau sampah di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya harus segera dicarikan solusinya.

Stadion GBT diproyeksikan menjadi salah satu dari 10 venue untuk perhelatan Piala Dunia U-20.

Karena itu, menpora mendesak Pemkot Surabaya dan stakeholder terkait lainnya harus duduk bersama untuk mengatasi persoalan itu.

“Solusinya, harus duduk bersama antara Pemkot Surabaya, KONI, PSSI Jatim dan stakeholder lainnya. Saya yakin Pemerintah Kota Surabaya bisa mengatasi permasalahan bau sampah yang sangat menganggu ini,” kata Zainuddin Amali seusai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jatim, Minggu (3/11/2019) sore.

Dalam sidak tersebut, menpora tidak bisa masuk ke dalam GBT karena kondisi pintu utama stadion yang akan dijadikan salah satu venue laga Piala Dunia U-20 itu terkunci.

Di lokasi tidak ada satu pun petugas ataupun pihak Dispora Pemkot Surabaya.

Menpora pun hanya bisa melihat kondisi GBT dari luar. Saat sidak tersebut, Zainuddin Amali mengaku mencium bau tidak sedap sampah yang bersumber dari TPA Benowo. 

Rencananya, Menpora Zainuddin Amali melihat bagian dalam GBT pasca-amuk supporter untuk mengetahui apa saja yang perlu dibenahi.

Selain permasalahan bau sampah dan pembenahan infrastruktur penunjang GBT, seperti lima lapangan latihan, serta permasalahan yang harus segera diselesaikan adalah akses jalan menuju GBT yang belum kunjung selesai. Saat ini bagian luar gbt dalam tahap renovasi.

“Sebagai orang Jawa Timur, ya saya jelas berharap Rek, Surabaya ini jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki