Situasi Covid-19 di Jatim Turun ke Level 1, Pertama di Jawa-Bali 

Lukman Hakim · Kamis, 16 September 2021 - 17:30:00 WIB
Situasi Covid-19 di Jatim Turun ke Level 1, Pertama di Jawa-Bali 
Hasil asesmen level 1 Provinsi Jatim yang diunggah di akun Instagram pribadinya. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Situasi Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) akhirnya turun ke level 1. Status ini menjadikan Provinsi Jatim sebagai satu-satunya provinsi di Jawa-Bali dengan tingkat penyebaran Covid-19 paling rendah. 

Status barus kasus Covid-19 di Jatim ini berdasarkan data asesmen situasi Covid-19 tingkat provinsi yang dirilis Kemenkes RI per 14 September 2021. 

"Alhamdulillah, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang pertama masuk pada level 1 sesuai asesmen yang dilakukan Kemenkes. Terima kasih, ini adalah hasil kerja keras dari semua pihak, termasuk bupati/walikota bersama Forkopimda se-Jatim, nakes dan elemen strategis dan sebagainya,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Kamis (16/9/2021).

Menurut Khofifah, dari total perkembangan level yang ada, membuat situasi asesmen Jatim berada di level 1 hasil dari asesmen situasi Covid-19 Kemenkes. Asesmen tersebut dilihat dari faktor tingkat kasus terkonfirmasi, tingkat pasien rawat RS, tingkat kematian, transmisi komunitas, tingkat testing, tingkat tracing, tingkat treatment, dan kapasitas respon. 

"Tingkat kasus terkonfirmasi, tingkat pasien rawat RS, tingkat kematian, dan transmisi komunitas berada pada level 1. Tingkat testing, tracing, treatment, dan kapasitas respon berada dalam kondisi memadai. Karenanya, assessment situasi berada pada level 1," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: