Siapa Raja Pertama Kerajaan Mataram Kuno? Konon Sosok Perempuan

Avirista Midaada ยท Kamis, 24 November 2022 - 06:54:00 WIB
Siapa Raja Pertama Kerajaan Mataram Kuno? Konon Sosok Perempuan
Salah satu peninggalan mataram kuno. (Foto: storymap).

JAKARTA, iNews.id - Siapa raja pertama Kerajaan Mataram menarik untuk dibahas. Nama sosok perempuan Pramodhawardani disebut sebagai pendiri kerajaan itu.

Dalam  buku "Perempuan-Perempuan Tangguh Penguasa Tanah Jawa" karya Krishna Bayu Adji dan Sri Wintala Achmad disebutkan sosok pemimpin pertama kerajaan tersebut. 

Nama Pramodhawardani muncul dan dikabarkan menjadi raja perempuan pertama di Kerajaan Mataram Kuno. Bukti keberadaan Pramodhawardani tercatat dalam Prasasti Kayumwungan. Dituliskan jika Pramodhawardani anak cucu Samaragwira dan cicit Dyah Dharanendra. Mereka dari Dinasti Sailendra yang menjabat raja-raja pemeluk agama Buddha.

Tentunya, Pramodhawardani punya kedekatan raja Sriwijaya Balaputradewa. Tetapi, sejarawan Krom dengan Slamet Muljana memperdebatkan hubungan keduanya sebagai saudara kandung (keponakan-paman).

Krom mengatakan, jika Pramodhawardani yang merupakan putri Samaratungga itu dianggap sebagai saudara Balaputradewa. Mengingat Samaratungga oleh Krom diidentikkan dengan Samaragwira. Pendapat Krom rupanya sejalan dengan de Casparis.

De Casparis yang mengacu pada Prasasti Wantil pada 856, telah terjadi perang saudara antara Pramodhawardani dengan Balaputradewa. Saat itu Balaputradewa melarikan diri ke Sriwijaya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: