Sebulan Berpisah karena Covid-19, Ibu dan 2 Anak Bertemu Kembali di Idul Adha

Pramono Putra ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 10:49 WIB
Sebulan Berpisah karena Covid-19, Ibu dan 2 Anak Bertemu Kembali di Idul Adha
Musafa'ah. ibu di Sidoarjo yang kembali bisa kumpul bersama dua anaknya usai mereka dinyatakan positif Covid-19. (Foto: iNews/Pramono)

SIDOARJO, iNews.id - Seorang ibu dan dua anak di Wonocolo Sidoarjo, Jawa Timur akhirnya dipertemukan kembali setelah sebulan terpisah. Mereka bertiga dirawat dalam rumah sakit berbeda akibat terpapar Covid-10.

Usai perawatan dan masa isolasi selesai, ketiganya dinyatakan telah sembuh dan bisa kembali pulang ke rumah bertepatan di Hari Raya Idul Adha.

Ibu ini diketahui bernama Musafa’ah, warga Wonocolo Taman-Sidoarjo. Dia yang bekerja sebagai pedagang sayuran di Pasar Taman terpaksa harus meninggalkan rumah karena terpapar Covid-19. Dia mengalami gejala demam dan  panas dingin. Awalnya Musafa’ah didiagnosis terkena penyakit demam berdarah. Namun hasil tes swab yang bersangkutan positif Covid-19.

Tidak hanya Musafa’ah, kedua anaknya laki-laki dan perempuan juga terpapar Covid-19. Mereka termasuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Tim Satgas Penanganan Covid-19 Sidoarjo selanjutnya merujuk Musa'fah ke RS Siti Khodijah. Sementara kedua anaknya, dirawat isolasi di Rumah Sakit Lapangan indrapura, Surabaya.

Berkat upaya penyembuhan dari tim medis, ibu dan kedua anak ini akhirnya bisa sembuh. Mereka bertiga keluar dari rumah sakit setelah sebulan menjalani perawatan medis dan beberapa kali uji swab.

Ditemui di rumahnya, Musafa'ah mengatakan salah satu faktor yang mendukung kesembuhannya karena selalu berpikir positif dan bahagia. Selain itu makan makanan bergizi dan minum asupan vitamin yang diberikan tim medis.

"Awalnya saya itu panas dingin gitu aja. Kemudian ke Puskesmas dan didiagnosis awal demam berdarah. Lalu ke rumah sakit, saya tes swab dan hasilnya positif," ujar Musafa’ah, Minggu (2/8/2020).

Kendati tingkat kesembuhan Covid-19 terus meningkat, Satgas Penanganan di Sidoarjo tetap melakukan upaya percepatan kuratif atau penyembuhan. Sejumlah rumah sakit rujukan dan tempat isolasi, baik di hotel maupun tempat lainnya telah siap melayani pasien positif. Termasuk empat rumah sakit rujukan tambahan yang tersebar di sejumlah daerah di wilayah Sidoarjo.


Editor : Donald Karouw