Sandiaga Uno: Subsektor Kriya Potensial Jadi Penopang Kinerja Sektor Ekraf Sumenep

iNews ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 13:32:00 WIB
Sandiaga Uno: Subsektor Kriya Potensial Jadi Penopang Kinerja Sektor Ekraf Sumenep
Sandiaga Uno saat berada di Sumenep, Madura, Selasa (24/5/2022). (istimewa).

SUMENEP, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut subsektor kriya sangat potensial menjadi produk unggulan. Selain itu, Kriya juga bisa menjadi penopang kinerja sektor ekonomi kreatif Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Optimisme itu disampaikan Sandiaga Uno pada penyelenggaraan kegiatan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hasilnya, menetapkan kriya sebagai subsektor unggulan dari kabupaten tersebut. 

Pada kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan di Tanean Sumenep Eatery, Sandi mengatakan, hasil uji petik yang telah disepakati diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi kreatif, khususnya di subsektor kriya yang diproyeksikan menjadi pendorong pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Sumenep. 

Pengembangan ekonomi kreatif ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat dengan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja. 

"Kali ini kembali kita gelar program KaTa (Kabupaten/Kota) kreatif Indonesia untuk Kabupaten Sumenep di mana proses uji petik telah dilaksanakan. Hasil kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan telah disepakati kriya sebagai subsektor unggulan di Kabupaten Sumenep," katanya. 

Proses uji petik PMK3I di Kabupaten Sumenep diinisiasi oleh seluruh stakeholder, mulai dari akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah daerah, hingga media di kabupaten/kota tersebut.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: