Salat Id Tanpa Masker dan Jaga Jarak, Warga Sidoarjo Ngaku Tak Takut Covid-19

Pramono Putra ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 10:14 WIB
Salat Id Tanpa Masker dan Jaga Jarak, Warga Sidoarjo Ngaku Tak Takut Covid-19
Warga Sidoarjo di zona merah saat Salat Id tanpa masker dan ikuti protokol kesehatan, Minggu (24/5/2020). (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id - Ratusan warga Desa Tropodo Waru, Sidoarjo, Jawa Timur yang termasuk dalam wilayah zona merah penyebaran virus corona melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di masjid setempat, Minggu (24/5/2020). Adanya imbauan pemerintah tidak semuanya dipatuhi warga.

Pantauan iNews, para warga salat berjamaah seperti dalam kondisi normal tanpa menerapkan protokol kesehatan. Seperti tak mengenakan masker dan memperhatikan jarak atau saling berdempetan.

Meski rawan penyebaran Covid-19, namun warga tetap khidmat dalam mengikuti Salat Id berjamaah. Mereka mengaku tidak punya masker dan alasan lainnya tidak takut tertular Covid-19.

"Saya gak punya masker dan ndak takut Covid-19," ujar Andre, seorang warga setempat.

Pelaksanaan Salat Id berjamaah ini dilakukan warga di tiga kecamatan di Sidoarjo yang masuk zona merah. Masing-masing Kecamatan Waru, Sidoarjo Kota dan Candi. Pemerintah dan aparat kepolisian sebelumnya telah memberikan imbauan kepada warga untuk tidak Salat Id berjamaah di masjid atau lapangan bagi desa yang dianggap zona merah karena ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemerintah melalui pihak kecamatan dan kelurahan hanya mengizinkan warga di wilayah zona hijau dan kuning saja untuk Salat Id berjamaah dengan tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak antarjemaah dan menggunakan masker.


Editor : Donald Karouw