Renovasi Dikebut, Wali Kota Risma Pastikan Stadion GBT Siap untuk Piala Dunia U-20

Hari Tambayong ยท Senin, 08 Juni 2020 - 12:27 WIB
Renovasi Dikebut, Wali Kota Risma Pastikan Stadion GBT Siap untuk Piala Dunia U-20
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meningjau renovasi Stadion GBT, Minggu (7/6/2020). (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Renovasi komplek Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surbaya, Jawa Timur (Jatim) terus dikebut. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memastikan seluruh pengerjaan akan rampung tahun ini, sehingga siap untuk Piala Dunia U-20.

Khusus untuk renovasi tempat duduk penonton, ruang media, ruang ganti pemain hingga tempat pemanasan, Risma memastikan selesai pada Agustus atau September mendatang. Pasalnya, renovasi tersebut tidak membutuhkan konstruksi besar, seperti beton dan sebagainya.

“Mudah-mudahan kursi yang baru bisa segera dipasang. Proses pemasangannya cukup lama karena warnanya bermacam-macam,” kata Risma saat meninjau Stadion GBT, Minggu (7/6/2020) sore.

Selain meninjau Stadion GBT, Risma juga melihat progres pembangunan jalan masuk GBT itu. Akses tersebut terhubung dari fly over Pelindo III kemudian ke Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB), lalu ke jalan yang saat ini sedang dibangun ke arah timur.

“Jadi, dari fly over Pelindo III itu turun nanti nyambung dengan jalan ini. Nanti kalau mau ke stadion yang baru, yang ada tiga itu, bisa lewat di sini juga,” katanya.

Risma mengatakan, pembebasan lahan sudah beres semua, tinggal pembangunannyan yang ditargetkan rampung akhir tahun ini. Sebab, akses tersebut beserta tiga stadion baru itu akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U 20 tahun 2021.

“Akses ini ROW-nya 15 meter. Kita kerjakan dulu 15 meter, tapi kalau masih kurang lebar, nanti kita bisa lebarkan lagi,” katanya.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada kabar dari PSSI atau pun FIFA terkait penundaan Piala Dunia U 20 tahun 2021. Karena itu, pihaknya terus bekerja menyiapkan GBT sebagai salah satu venue.

“Jadi, kalau kabar penundaan belum ada, tapi, kalau penentuan tempatnya, sudah pasti. Bukan hanya di Surabaya saja, tapi juga ada di Bali, Solo, Yogyakarta dan Jakarta,” ujarnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Erna Purnawati memastikan proyek pembangunan akses menuju GBT itu terus dikebut meski di tengah pandemi Covid-19. Agar tetap aman, seluruh aktivitas pengerjaan proyek menerapkan protokol Covid-19.

“Mereka ini terus bekerja meski ada Covid-19. Bahkan, hari Minggu pun mereka terus kerja,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin