Razia Masker di Pasuruan Masuk Kampung, Petani dari Sawah Disanksi Bersihkan Masjid

Jaka Samudra ยท Minggu, 20 September 2020 - 05:15:00 WIB
Razia Masker di Pasuruan Masuk Kampung, Petani dari Sawah Disanksi Bersihkan Masjid
Razia masker di perkampungan warga. (Foto: iNews/Jaka Samudra).

PASURUAN, iNews.id - Petugas gabungan merazia masker dan protokol kesehatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), hingga masuk kampung-kampung warga. Banyak petani yang pulang dari sawah mendapat sanksi sosial membersihkan masjid.

Pantuan iNews, razia yang berlangsung di Jalan Desa Candibinangun, Kecamatan Sukorejo, ini menjaring banyak warga, umumnya berprofesi sebagai petani.

Mereka tak memakai masker dengan alasan baru pulang dari sawah, dan jarak tempuh mereka ke rumah sangat dekat. Namun petugas tetap memberikan sanksi sosial dan meminta mereka memakai rompi oranye.

"Padahal saya keluar ini dekat dari rumah," kata seorang pelanggar, M Toha, di Kabupaten Pasuruan, Jatim, Sabtu (19/9/2020).

Warga diminta membersihkan masjid desa. Kemudian KTP mereka ditahan selama satu pekan di Kantor Polsek Sukorejo. Tujuannya agar warga jera dan membiasakan diri disiplin memakai masker.

Sementara Kapolsek Sukorejo, AKP Sukiyanto mengatakan, dari hasil razia ini terlihat banyak warga di perkampung yang belum patuh aturan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

"Kami akan keliling, razia setiap hari di gang-gang, bahkan ke sawah-sawah," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal