Ratusan Pengungsi Syiah Ikut Pilkada Ulang Sampang di Jemundo Sidoarjo

Pramono Putra, Antara ยท Sabtu, 27 Oktober 2018 - 16:54:00 WIB
Ratusan Pengungsi Syiah Ikut Pilkada Ulang Sampang di Jemundo Sidoarjo
Suasana pencoblosan Pilkada Ulang Sampang di pengungsian Syiah di Sidoarjo, Jatim, Sabtu (27/10/2018). (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id – Ratusan pengungsi Syiah asal Sampang, Madura, Sabtu pagi (27/10/2018), mengikuti pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sampang di pengungsian Syiah di kawasan Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Dari 344 pengungsi, yang tercatat masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk mengikuti PSU hanya 244 pengungsi.

Para pengungsi memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) di sekitar lokasi pengungsian yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Sampang. Dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian, ratusan pengungsi Syiah asal Sampang, Madura, tampak antusias mengikuti proses pilkada ulang. Mereka langsung antre, sesaat setelah TPS dibuka oleh pihak panitia.

“Dari total 344 jiwa penghuni Syiah di pengungsian Jemundo Taman Sidoarjo, ada 224 orang pengungsi Syiah yang masuk dalam DPT,” kata staf bagian hukum KPUD Sampang Lukman Hakim.

Untuk pilkada ulang Kabupaten Sampang ini, KPUD Sampang menyediakan 2 TPS di lantai dasar Tower A dan Tower B Rusun Pengungsian Jemundo Taman Sidoarjo.


Sementara untuk mengoptimalkan PSU Pilkada Sampang di pengungsian Syiah Sidoarjo, KPUD Sampang memberi kesempatan kepada warga pengungsi Syiah asal Sampang Madura yang belum masuk dalam DPT, ikut dalam PSU dengan syarat bisa menunjukkan e-KTP kepada petugas.

Seperti Pilkada Serentak 27 Juni lalu, warga bisa memilih salah satu dari tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Sampang yang menjadi peserta Pilkada Sampang. Ketiganya, yakni pasangan calon nomor urut 1, Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat, pasangan nomor urut 2, Hermanto Subaidi dan Suparto, dan pasangan nomor urut 3, Hisan dan Abdullah Mansyur.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Sampang Addy Imansyah mengatatakan, KPU, Bawaslu, dari pusat, Jatim, dan kabupaten/kota di Jatim, memantau pelaksanaan PSU di sejumlah TPS yang pada pilkada sebelumnya ditemukan ada penyimpangan. Sampai Sabtu sore, pelaksanaan pilkada ulang berjalan lancar.

“Kedatangan mereka selain untuk memastikan proses PSU sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, juga memberikan dukungan moral kepada KPU Sampang agar pelaksanaan PSU berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya.

Addy Imansyah menambahkan, di 1.450 TPS yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang, proses pemungutan sudah dibuka sejak pukul 07.00 WIB. “Alhamdulillah hingga pukul 12.00 WIB siang tidak ada laporan dari bawah terkait kekurangan logistik. Semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PSU sesuai harapan,” katanya.

Penjabat Bupati Sampang Jonathan Judianto didampingi Kapolres AKBP Budi Wardiman, Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Ari Syahrizal, dan Kepala Satpol PP Jatim Budi Santosa, serta Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Jatim Tedi Rustendi, juga memantau pelaksanaan PSU di Sampang. Pemantauan oleh Forkopimda Pemkab Sampang dilakukan di TPS di Kelurahan Gunung Sekar, Desa Pangung, dan Desa Astapah, Kecamatan Omben, Sampang.


Editor : Maria Christina