Puncak Gunung Penanggungan di Mojokerto Terbakar, 8 Pendaki Sempat Terjebak

Sholahudin ยท Senin, 24 Agustus 2020 - 15:37 WIB
Puncak Gunung Penanggungan di Mojokerto Terbakar, 8 Pendaki Sempat Terjebak
Tim SAR dan reslawan memadamkan api di puncak Gunung Penanggungan, Senin (24/8/2020) dini hari. (istimewa)

MOJOKERTO, iNews.id – Puncak Gunung Penanggungan di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto terbakar, Senin (24/8/2020) dini. Delapan pendaki sempat terjebak akibat insiden ini, tetapi berhasil dievakuasi dengan selamat.

Berdasarkan rekaman video amatir, kobaran api mulai terlihat pada Minggu (23/8/2020) malam di lereng Trawas. Namun, beberapa saat kemudian api membesar dan merembet ke bagian lereng lainnya. Angin yang bertiup kencang menjadi penyebabnya.

Sejumlah Tim SAR Penanggungan yang berada di pos Desa Kedung Ngudi, Kecamatan Trawas segera menuju puncak untuk melakukan pemadaman. Saat itulah delapan pendaki yang tengah berada di puncak Penanggungan terjebak. Beruntung seluruh pendaki berhasil dievakuasi dengan selamat.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun, berdasarkan pengakuan salah seorang pendaki, api pertama bersumber dari api unggun. Api inilah yang membesar dan menyebabkan kebakaran.

“Sekitar pukul 19.00 WIB saya melihat ada pendaki nyalakan api unggun. Pas saya tidur, tiba-tiba api membesar dan merembet ke mana-mana. Kami semua kaget dan berusaha memadamkan, tetapi tidak bisa,” kata salah seorang pendaki M Nabil.

Beberapa pendaki kata Nabil, juga panik. Sebab, api terus membesar dan mengepung tenda. Karena itu, mereka lantas berkemas dan lari menghindar. “Kami semua bingung, karena terjebak. Sementara angin bertiup cukup kencang dan api terus membesar,” ujarnya.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Wilayah Penanggungan KPH Pasuruan, Agung Wibowo mengatakan, kebakaran di Penanggungan menghanguskan sekitar 5 hektare lahan, berupa padang savana di jalur pendakian Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro.

“Sejak jam 01.30 WIB kami semua siaga dan melakukan pemadaman. Pagi tadi semua titik kebakaran sudah padam. Semua pendaki yang terjebak juga sudah berhasil kami bawa turun,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin