PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan Kembali 2 KA Jarak Jauh ke Jakarta dan Bandung

Lukman Hakim ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 16:52 WIB
PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan Kembali 2 KA Jarak Jauh ke Jakarta dan Bandung
Ilustrasi kereta api.(Foto: Dok iNews)

SURABAYA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya mengoperasionalkan kembali dua perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari Surabaya menuju ke arah Jakarta, terhitung mulai tanggal 3 Juli 2020 ini. Dua kereta tersebut, yakni KA Turangga dan KA Kertajaya.

Namun, kedua KA jarak jauh itu hanya beroperasi hanya pada hari tertentu saja. Jadwal keberangkatan di antaranya pada awal bulan hingga pertengahan Juli 2020. KA beroperasi pada hari Jumat hingga Minggu saja, yakni tanggal 3, 4, 5, 10, 11, 12, 17, 18, 19, 24, 25, dan 26 Juli 2020.

"Kemudian untuk di akhir bulan Juli 2020 beroperasi dari hari Kamis hingga Minggu, atau 30 Juli hingga 2 Agustus 2020," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Jumat (3/7/2020).

KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) melalui jalur selatan. Stasiun yang dilintasi di antaranya Madiun, Solo, Yogyakarta, Kroya, Banjar, Bandung dan berakhir di Stasiun Gambir – Jakarta.

Rangkaian yang digunakan di KA Turangga yakni, empat gerbong kereta kelas eksekutif dan satu gerbong kereta kelas luxury, dengan kapasitas total 166 tempat duduk.

Sementara KA Kertajaya relasi dari Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen/Jakarta melalui jalur utara dengan melalui stasiun di antaranya Bojonegoro, Semarang, Cirebon dan berakhir di Stasiun Pasar Senen. KA Kertajaya membawa rangkaian lima gerbong kereta kelas ekonomi dengan kapasitas total 280 tempat duduk.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan KA Turangga dan KA Kertajaya ini, bisa memesan tiketnya melalui layanan online seperti aplikasi KAI Access dan website resmi KAI," kata Suprapto.


Editor : Maria Christina