Porang Varietas Madiun 1 Pikat Petani hingga Konawe Selatan 

Arif Wahyu Efendi · Selasa, 14 September 2021 - 07:09:00 WIB
Porang Varietas Madiun 1 Pikat Petani hingga Konawe Selatan 
Bupati Madiun Ahmad Dawami bertemu Bupati Konawe Selatan Surunudin Dangga untuk kerja sama budi daya porang varietas Madiun 1, Senin (13/9/2021). (Foto: iNews.id/Arif Wahyu Efendi).

MADIUN, iNews.id - Porang varietas Madiun 1 memikat banyak petani di berbagai daerah. Bukan hanya kalangan petani, pemerintah daerah dari dalam dan luar provinsi silih berganti berkunjung ke Madiun untuk mulai belajar budi daya porang, salah satunya dari Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan. 

Bupati Konawe Selatan, Surunudin Dangga memimpin langsung kunjungan yang berlangsung sepanjang Senin (13/9/2021) siang tersebut. Usai melihat langsung budidaya porang milik para petani di desa Sumberbendo, rombongan menuju Pendopo Ronggo Djoemeno Pemkab Madiun dan disambut ramah Bupati Madiun, Ahmad Dawami. 

Menurut Surunuddin, Konawe Selatan mempunyai hutan yang luas untuk bisa ditanami porang. Bahkan tanah dan kondisi alam di Konawe Selatan cocok untuk ditanami Porang seperti yang ada di Madiun. Hal yang membedakan, porang asli Madiun sudah bersertifikasi varietas Madiun 1.

"Di Konawe Selatan sebenarnya sudah ada porang di hutan, tapi tidak tersertifikasi. Untuk itu kami hadir di sini untuk melihat karena (varietas porang) Madiun 1 sudah terkenal secara nasional," katanya. 

Surunuddin mengatakan, keberadaan umbi porang akan menjadikan komoditi eskpor dari Konawe Selatan semakin bertambah. "Kami di sana ada beberapa tanaman ekspor, mulai dari merica, hingga kelapa sawit. Kedepan porang ini juga akan kita kembangkan terutama di hutan-hutan," ujarnya. 

Untuk mewujudkannya, Pemkab Konawe Selatan sudah membahas anggaran untuk mendatangkan benih porang varietas Madiun 1 ke Konawe Selatan. Tindak lanjut berikutnya, Pemkab Konawe Selatan juga akan mengirim orang untuk menjalani pelatihan budidaya porang di Madiun. 

Nantinya, Pemkab Konawe Selatan berharap hasil panen bisa diserap pasar dengan baik seperti yang ada di Madiun. "Kita harapkan bukan hanya bibit (dari Madiun) tapi tentu pasarnya kita bisa bekerjasama karena Madiun ini saya dengar  sudah ekspor ke beberapa negara," ujarnya. 

Bupati Madiun Ahmad Dawami menyambut baik rencana kerjasama dengan Pemkab Konawe Selatan tersebut. Dia mengatakan kerja sama antardaerah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madiun dan Konawe Selatan.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: