Polres Sidoarjo Bentuk Satgas Antibobotoh dan Satgas Delta Squad Jelang Pilkades Serantak

Antara ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 19:00 WIB
Polres Sidoarjo Bentuk Satgas Antibobotoh dan Satgas Delta Squad Jelang Pilkades Serantak
Satgas Antibotoh dan satgas Delta Squad yang dibentuk Polres Sidoarjo, Jatim, jelang pilkades. (Foto: Antara)

SIDOARJO, iNews.id – Tim satuan tugas (satgas) antibotoh dibentuk oleh Polisi Resor Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dalam rangka mengantisipasi politik uang pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades). Pemilihan kepala desa  secara serentak di Sidoarjo akan dilaksanakan pada 19 April 2020 yang diikuti sebanyak 173 desa.

Hal ini disampaikan Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, saat peluncuran tim satgas antibotoh di Sidoarjo, Selasa (11/2/2020). Tim satgas dibentuk karena memang ada indikasi terjadinya politik uang pada saat pelaksanaan pilkades.

"Potensi yang diprediksi yakni adanya politik uang, dan maraknya para botoh saat pelaksanaan pilkades," katanya.

Selain itu, tim yang dibentuk juga bertugas untuk menangani potensi konflik secara terbuka dengan maraknya isu-isu SARA, berita bohong, fitnah, baik secara lisan maupun melalui media sosial. Polisi sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Sidoarjo dan calon kepala desa terkait dengan keberadaan tim satgas ini.

"Diharapkan dalam pelaksanaan pilkades secara serentak di Sidoarjo dapat berjalan dengan tertib, aman, dan kondusif," katanya.

Disinggung tentang jumlah personel yang dilibatkan dalam tim ini, pihaknya mengerahkan sebanyak 144 orang anggota dari berbagai kesatuan.

Selain tim satgas antibotoh, Polresta Sidoarjo juga membentuk Satgas Delta Squad untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya tindak pidana baik saat pilkades maupun menjelang pelaksanaan pilkades.


Editor : Umaya Khusniah