Polisi Bubarkan Aksi Balap Lari Liar Probolinggo dengan Pendekatan Humanis

Hana Purwadi ยท Selasa, 15 September 2020 - 13:20 WIB
Polisi Bubarkan Aksi Balap Lari Liar Probolinggo dengan Pendekatan Humanis
Pembubaran aksi balap lari liar di Probolinggo. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id - Aksi balap lari liar yang marak di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) dibubarkan polisi, Senin (14/9/2020) malam. Saat ini, polisi belum menerapkan sanksi maupun denda bagi pelanggar.

Aksi pembubaran balap lari liar terjadi di Jalan dr Saleh, Probolinggo. Pembubaran dipimpin langsung oleh Wakapolres, Kompol Teguh Santoso dan beranggotakan Sat Sabhara serta Sat Lantas Polres Probolinggo Kota.

Mengetahui datangnya aparat keamanan, sontak membuat para remaja ini lari kocar-kacir.

Wakapolres Kompol Teguh Santoso mengatakan, aksi balap lari liar yang viral dilakukan pada malam hari ini dinilai berbahaya. Hal tersebut karena aksi dilakukan di jalan raya.

"Berbahaya bagi dirinya dan pengguna jalan lain," kata Teguh Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, pemuda-pemuda ini juga mengabaikan protokol kesehatan. Aparat pun menegur mereka secara humanis.

"Kita tegur secara humanis, semoga tidak mengulangi kembali," katanya.

Dia menegaskan, bila para oemuda ini kembali melakukan aksi serupa, maka akan diterapkan sanksi moral bahkan denda sesuai instruksi presiden dan peraturan gubernur

"Kita siagakan anggota di tempat tempat yang biasa dijadikan ajang balap lari liar, soal berapa anggota  yang disiagakan menyesuaikan kekuatan mereka" katanya.

Teguh mengimbau, disaat pandemi Covid-19, masyarakat Kota Probolinggo agar selalu disiplin menjaga kesehatan. Selain itu, tetap memakai masker agar terhindar dari paparan corona.

"Selalu disiplin memakai masker salah satu cari terhindar dari virus ini," katanya.


Editor : Umaya Khusniah