Pohon Akasia yang Ditanam Puluhan Tahun Lalu untuk Penghijauan, Dijarah Maling

Bambang Sugiarto ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 12:44:00 WIB
Pohon Akasia yang Ditanam Puluhan Tahun Lalu untuk Penghijauan, Dijarah Maling
Tumpukan kayu Akasia yang belum sempta diangkut oleh pencuri kayu di Jember, Jatim. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Ratusan pohon jenis akasia yang berada di sepanjang jalur lintas selatan (JLS) Jember, Jawa Timur (Jatim) dicuri orang tak dikenal dengan cara ditebang. Padahal, pohon tersebut sengaja ditanam warga puluhan tahun lalu untuk mencegah banjir dan erosi.

Ranting, dahan dan kayu gelondongan dari pohon Akasia tampak teronggok di hamparan lahan akasia Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember. Warga menduga pohon-pohon akasia yang sudah besar ini sengaja dicuri orang.

Tokoh masyarakat setempat, Sumarsono, benih akasia ini dulu berasal dari pemerintah untuk program penghijauan di sepanjang jalan. “Ga tahunya pas sudah besar, ada yang motong. Kayunya memang sudah besar bisa buat rumah,” katanya, Rabu (22/1/2020).

Tumpukan kayu hasil tebangan masih terlihat dan belum diambil pencurinya. Warga menduga, pelaku beraksi pada dini hari dan mengangkut hasil curian dengan kendaraan roda empat.

BACA JUGA: Terdakwa Kasus Pembalakan Liar Divonis 1,5 Tahun Penjara di PN Surabaya

Aksi pembalakan ini segera dilaporkan ke petugas dari Polsek Gumukmas. Usai menerima laporan, petugas segera menuju lokasi dan olah TKP serta meminta keterangan saksi saksi.

Kanit Sabhara Polsek Gumukmas, Ipda Danu Prastyo mengatakan, petugas segera melakukan penyelidikan untuk mencari tahu pelaku pembalakan kayu. Selain itu, polisi juga akan meningkatkan patroli rutin.

“Diperkirakan ada lima truk kayu yang sudah diangkut pelaku,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: