Penumpang Naik 100 Persen, PT KAI Daop 9 Tambah 2 Rangkaian selama Libur Panjang

Eris Utomo ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 22:00:00 WIB
Penumpang Naik 100 Persen, PT KAI Daop 9 Tambah 2 Rangkaian selama Libur Panjang
Ratusan penumpang memadati Stasiun Kota Banyuwangi, Rabu (28/10/2020).(Foto: iNews.id/Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9, Jember menambah dua rangkaian kereta selama libur panjang akhir Oktober hingga awal November. Kebijakan ini dibuat karena volume penumpang yang cukup tinggi.

Di Stasiun Ketapang dan Banyuwangi misalnya, volume penumpang naik hingga 100 persen. Kenaikan ini tidak hanya penumpang untuk rute pendek (lokal Jawa Timur), tetapi juga rute panjang hingga Cilacap, Jawa Tengah.

Umumnya, mereka menggunakan kereta untuk menikmati libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga untuk mudik ke kampung halaman di beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Volume penumpang naik signifikan selama libur panjang, hingga 100 persen. Karena itu, PT KAI Daops sembilan menambah rangkaian kereta selama libur panjang ini,” kata Kepala Stasiun Kota Banyuwangi, Muhammad Yasin, Rabu (28/10/2020).

Yasin mengatakan, dua tambahan kereta tersebut yakni pertama, Kereta Api Wijaya Kusuma jurusan Ketapang, Jawa Timur hingga Cilacap, Jawa Tengah. Kedua, Kerata Api Raga Jati jurusan Jember, Jawa Timur menuju Purwokerto, Jawa Tengah.

Dua rangkaian kereta ini akan dioperasikan selama lima hari, mulai 28 Oktober hingga November. “Kereta Wijaya Kusuma misalnya, sejak pandemi, tidak dioperasikan. Tetapi khusus untuk libur panjang ini kami operasikan lagi. Kereta ini akan berangkat dari Stasiun Ketapang hingga Cilacap Jawa Tengah,” katanya.

Sementara itu, protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat. Selain mengatur tempat duduk berjarak, PT KAI juga mewajibkan calon penumpang membawa surat keterangan bebas Covid-19. “Keterangan ini ditunjukkan dengan hasil rapid test nonreaktif atau tes swab negatif,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin