Penumpang KA yang Anjlok di Magetan Diantar ke Tujuan dengan Bus PT KAI

Asfi Manar ยท Rabu, 06 November 2019 - 09:13 WIB
Penumpang KA yang Anjlok di Magetan Diantar ke Tujuan dengan Bus PT KAI
Salah satu bus bus yang digunakan untuk mengangkut 151 penumpang yang sempat terlantar karena kereta api yang mereka naiki anjlok di Magetan, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019) malam. (Foto: iNews.id/Asfi Manar)

MAGETAN, iNews.id – Sebanyak tiga bus digunakan untuk mengangkut 151 penumpang yang sempat terlantar karena kereta api yang mereka naiki anjlok di Magetan, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019) malam. Penumpang diantar ke tujuan masing-masing sesuai tiket.

Setelah menunggu hampir empat jam di Stasiun Barat Magetan, akhirnya penumpang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang disediakan pihak PT KAI Daop tujuh Madiun, Jawa Timur, Rabu (6/11/2019) dini hari.

Ke tiga bus tersebut dibagi menjadi tiga zona daerah stasiun tujuan hingga Cilacap Jawa Tengah. Patugas juga tidak memperbolehkan penumpang turun ditengah jalan dengan alasan demi keselamatan.

Menurut Humas Daop 7 Madiun, Ifax Hendriwintoko proses evakuasi akibat insiden ini dibagi menjadi beberapa tahap. Pertama, evakuasi penumpang berikut barang bawaannya ke stasiun.

Kedua, pemberian service recovery berupa makanan ringan karena penumpang sudah mengalami keterlambatan. Untuk penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanan, PT KAI Daop tujuh Madiun menyediakan bus untuk mengantar hingga tujuan sesuai yang tertera dalam tiket.

BACA JUGA: 2 Gerbong Kereta Api Anjlok di Magetan, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

“Kami sediakan empat tapi yang datang tiga bus dan sudah mengangkut 151 penumpang. Tadi ada satu penumpang yang tidak berkenan diangkut dengan bus,” katanya.

Sementara bagi penumpang yang ingin mengendarai kendaraan pribadi dan tidak ingin melanjutkan perjalanan, maka akan ada pengembalian uang tiket full seratus persen.

Sebelumnya, Kereta api Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi-Cilacap mengalami anjlok rel di Magetan, Jawa Timur, Selasa (5/11/2019) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Akibat kecelakaan ini, lima kereta api baik dari timur maupun barat harus tertahan dan terlambat sekitar satu jam karena jalur lumpuh hampir lima jam.


Editor : Umaya Khusniah