Pembunuhan Penata Busana di Jember Bermotif Utang, Ini Kronologinya

Bambang Sugiarto ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 13:42:00 WIB
Pembunuhan Penata Busana di Jember Bermotif Utang, Ini Kronologinya
Kapolres Jember AKBP Aris S menunjukkan barang bukti kasus pembunuhan penata busana.(Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.idPembunuhan terhadap Satriyo Leonardo Gery (36), seorang penata busana asal Jember, Jawa Timur (Jatim) dilatarbelakangi utang. Ketiga pelaku terlilit utang, sehingga berusaha menguasai harta milik korban.

Atas motif ini, ketiga pelaku menyusun rencana pembunuhan. Di hari yang ditentukan, ketiga pelaku mendatangi korban di rumahnya Jalan Kertanegara 32 Jember. Tujuannya untuk menguasai harta korban dan dijual untuk menutupi uutang.

“Pelaku MM (Muhammad Muhadir) ini sebelumnya sudah kenal dengan korban. Dia lantas mengajak kakak beradik Anggi Cahyo dan Dwi Cahyo untuk menghabisi korban,” kata Kapolres Jember, AKBP Aris Supriyono, Selasa (19/5/2020).

Aris mengatakan, peristiwa perampokan itu terjadi pada Rabu (13/5/2020) sekitar puku 23.00 WIB. Saat itu, ketiga pelaku mendatangi korban lewat pagar depan yang tidak terkunci. Setelah itu, ketiga pelaku menuju lorong samping dan masuk ke kamar korban.

Di kamar inilah korban dihabisi. Korban ditusuk menggunakan pisau dapur di bagian leher belakang. Setelah itu dipukul menggunakan tabung elpiji ukuran 3 kg. Pukulan benda tumpul inilah yang mengakibatkan korban tewas seketika.

“Begitu korban tewas, ketiga pelaku langsung kabur. Mereka mengambil kunci mobil korban di dalam kamar, lantas membawa kabur mobil yang terparkir di depan rumah,” katanya.

Aris mengatakan, ketiga pelaku tergiur dengan mobil korban karena biasa diparkir di depan rumah. Sementara korban juga tinggal seorang diri.

“Begitu pelaku kepepet urusan utang, timbul niat jahat untuk menguasai,” katanya.

Atas tindakan itu, ketiga pelaku dijerat Pasal 339 dan 340 tentang Perampokan dan Pembunuhan Berencana. Ancaman hukumannya 20 tahun penjara atau seumur hidup.

Diketahui, tiga pelaku pembunuhan terhadap seorang penata busana Satriyo Leonardo Gery (36) diringkus aparat Polres Jember. Mereka tertangkap saat hendak menjual mobil milik korban di kawasan Ledokombo Jember. Saat itu, polisi berpura-pura sebagai calon pembeli. Dalam penangkapan itu, polisi juga menembak dua dari tiga pelaku di bagian kaki.

Editor : Ihya Ulumuddin